Tanggulangi Karhutla Di Pulpis, Bupati Siapkan Dana Rp.1 M

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Sebagai langkah dan upaya pencegahan serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Pulang Pisau ( Pulpis), Bupati Pulpis, H. Edy Pratowo S.sos,MM mengatakan bahwa Pemkab sudah menganggarkan dana sebesar Rp.1 Miliar di tahun 2019 ini.

“Sebelumnnya kita telah menetapkan status darurat siaga karhutla dan sekarang kita juga telah menyiapkan anggaran sebesar 1 M untuk pencegahan dan penanganan Karhutla tahun 2019 di Kabupaten ini. Dengan ini semoga pencegahan dan penanggulangan karhutla dapat maksimal,” tutur Edy kepada sejumlah media, Selasa (16/07).

Selain menyiapkan anggaran tersebut untuk seluruh pihak terkait yang terlibat dalam penanganan karhutla di Kabupaten Pulpis ini, Bupati juga telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terkait antisipasi dari bahaya karhutla.

“Ya, semoga saja karhutla tahun ini tidak seperti kejadian pada tahun 2015 lalu. Suatu misal terjadi, semuanya sudah dipersiapkan mulai pendanaan sampai dengan tim satgas gabungan,” lanjutnya.

Dalam kasus karhutla tahun 2019 ini, Bupati menuturkan bahwa seluruh SOPD di lingkup Pemkab Pulang Pisau sudah melaporkan kesiapannya dalam menghadapi bencana karhutla.

“Beberapa peralatan pengukur suhu udara juga sudah siap. Selain fokus dititik karhutla di sejumlah wilayah di kabupaten Pulang Pisau ini, saya juga juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat dan pihak terkait yang berada di daerah perkotaan, khususnya di area perkantoran, agar jangan lalai atau melupakan musibah kebakaran yang cukup parah di tahun 2015 lalu,” tutupnya. KABAR TODAY.com