Pemkab Poso Siap Gelar Pemilukada 2020

MARDISON | POSO – Pemerintah Kabupaten Poso dalam menyambut Pemilihan umum kepala daerah serentak pada tanggal 9/12-2020 Hal tersebut dikatakan Bupati Poso Kol. Marinir Darmin Agustinus Sigilipu (03/7-2020), baru-baru ini, di Kota Poso.

” Untuk Kabupaten Poso, kita sampai dengan saat ini sudah siap untuk melaksanakan Pilkada ditahun 2020 ini. Yang sesuai rencana dari kemendagri dilaksanakan pada 9 Desember 2020,” kata Bupati Darmin Sigilipu.

Alasan kesiapan Pemkab Poso tersebut kata Darmin Sigilipu setelah melihat hasil koordinasi dengan pihak KPU dan Bawaslu.

” Saya melihat didalam sudah koordinasi dgn KPU – Bawaslu tahapan – tahapan itu sudah mereka Laksanakan. Baik di KPU maupun Bawaslu,” tutur Bupati Poso. Seraya menambahkan, mudah mudahan dalam pelaksanaan Pilkada di 2020, bisa berjalan sama dengan seperti ditahun – tahun sebelumnya.

Ditambahkan Bupati Darmin, bahwa ketika Pilkada ditahun 2015, Kabupaten Poso yang dianggap rawan untuk melaksanakan Pilkada ternyata kita bisa malah lebih aman. Berjalan sesuai dengan tahapan. Dan kemudian tidak terjadi hal – hal yang membuat gejolak yang besar. Berbeda dengan daerah lainnya.

Sambung ya, “Kemudian kita bisa melihat Pada saat pilpres dan Legislatif ternyata Poso itu berkat koordinasi yang baik komunikasi yang baik itu menimbulkan Kerja sama dari semua instansi yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung. KPU – Bawaslu, bersama aparat POLRI – TNI ini bahu – membahu dalam pengamanan Pilpres pada saat itu, tuturnya.

Kata Darmin Sigilipu, lagi, semuanya itu juga tanpa dukungan dari masyarakat kita bisa liat bahwa dalam pelaksanaan pilpres jumlah yang aktif partisipasi masyarakat datang memberikan suaranya itu kurang lebih 80 persen. Melebihi dari jumlah prosentase nasional.

” Saya yakin dan percaya dalam pelaksanaan Pilkada di 2020 kita akan minimal sama perolehan suara sebelumnya. Yakni pada saat pemilihan Legislatif dan pilpres 2019. Jadi sy mengimbau kepada masyarakat mari kita bersama sama Sukseskan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan dilaksanakan bersama-sama. Karena ini pesta rakyat. Demokrasi ini adalah pesta rakyat. Tanpa partisipasi aktif dari semua masyarakat, yah. Kemungkinan ini tidak akan bisa berjalan dengan baik,” demikian dikatakan Darmin, mengimbau.

” Tapi kalau semua lapisan masyarakat Proaktif untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada, semoga kedepan kita bisa menempatkan ya.. Pimpinan – pimpinan ya, yang betul betul peduli pada rakyat. Dan mendapat pimpinan terbaik menurut rakyat,” imbuhnya

Sementara itu ditanyai dan dimintai tanggapan kesiapan secara pribadi untuk kembali ikut maju bertarung pada Pilkada 9 Desember 2020 dikatakannya Darmin Sigilipu mengatakan kesiapannya untuk siap maju.

” Secara pribadi masih berhak ada kesempatan untuk mengikuti yang kedua kalinya. Saya siap lahir batin. Yang pasti secara pribadi saya siap mengabdi kembali diTanah Poso ini,” ujar Darmin Sigilipu.

Dan semoga ini sesuai dengan harapan masyarakat. Tidak ada artinya jika tidak ada dukungan masyarakat kalau masyarakat masih bersama sama bangun tanah Poso yang damai sejahtera mudah – mudahan keinginan masyarakat ini bisa kita wujudkan pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ini,” pungkas Darmin Sigilipu, yang digadang-gadang akan berpasangan dengan Amjad Lawasa. KABARTODAY.com

Editor: JeM

Comments

comments