PDP Pulpis Meningkat, Terbanyak Asal Kecamatan Kahayan Hilir

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) kian bertambah dalam kurun waktu satu minggu terakhir. Data gugus tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulpis mencatat hingga pada Jum’at 29 Mei 2020 total PDP ada 9 orang yang berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir.

Demikian dikatakan juru bicara (jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pulpis, dr. Muliyanto Budihardjo M.Hlth.Sc pada saat rapat Analisa dan Evaluasi (anev) di Posko Tanggap Darurat Covid-19 Pulpis, Jum’at (29/05).

“Adapun sebaran PDP nya, Kecamatan Kahayan Hilir 9 orang, 1 (satu) orang Kelurahan Bereng, Kelurahan Pulang Pisau 6 orang, dan 1 (satu) orang dari Desa Anjir Pulpis,” terang pria yang akrab disapa Pak Mul tersebut.

Ia juga menjelaskan, penambahan PDP ada 1 (satu) orang, dari Kelurahan Pulang Pisau, sedangkan PDP selesai ada 2 (dua) orang, asal Kecamatan Pandih Batu, 1 (satu) orang Desa Pangkoh Hilir, dan Kecamatan Kahayan Hilir dari Kelurahan Pulang Pisau 1 (satu) orang.

“Dua orang selesai PDP tersebut hasil swabnya telah keluar pada 28 Mei 2020 yang lalu, dengan hasil dua kali negatif covid-19,” ujar dr. Mul.

Sedangkan ntuk Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak ada penambahan, total OTG ada 2 (dua) orang dengan sebaran Kecamatan Kahayan Kuala 2 (dua) orang yang berasal dari Desa Bahaur Hulu 1 (satu) orang serta Desa Bahaur Hulu Permai 1 (satu) orang. Dan, total OTG selesai pemantauan ada 134 orang.

“ODP juga tidak ada penambahan, ODP selesai pemantauan 1 orang asal Kecamatan Banama tingang yakni dari Desa tangkahen. Total ODP 1 orang, dari Desa Anjir Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir. Jadi, total ODP selesai pemantauan 47 orang,” ungkapnya.

Sementara itu, pasien Positif Covid-19 hingga hari ini tidak ada penambahan, total pasien positif covid-19 saat ini 7 orang, 5 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh, 1 orang masih dalam perawatan di RSUD Pulang Pisau dan 1 orang lagi dirawat RSUD Doris Sylvanus Palangkaraya,” tambah dr. Mul.

“Trend PDP saat ini meningkat, potensi peningkatan kasus karena mobilitas penduduk ke tiga daerah transmisi lokal dengan kasus Covid-19 meningkat yang berdekatan dengan Pulang Pisau, yaitu Palangka Raya, Kapuas dan Banjarmasin,” pungkas Pak Mul. KABAR TODAY.COM

Comments

comments