Pasha Maju Jadi Gubernur, Wisata Sulteng Akan Jadi Primadona

JEMMY TEHARDJO | PALU – Pasha mengharapkan bila jadi Gubernur Sulawesi Tengah salah satu yang ingin dimajukan adalah sector pariwisata, dan wisata di Sulawesi Tengah harus lebih maju dan jadi primadona, sebab sector pariwisata dinilainya dapat memberikan pemasukan besar dengan cost rendah buat daerah.

“Acuannya. Jadi seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pendapatan daerah terbesar itu dari sektor pariwisata,” kata Vokalis Ungu, Sigit Puromo Said disela-sela kesibukannya pada acara Deklarasi SPS maju Sulteng 1 yang dilaksanakan di Tanaris café jalan Moh. Hatta Palu. Senin, (28/10) di Palu.

“Apa yang sudah dibangun berkaitan dengn kepariwisataan di Sulawesi tengah?”katanya lagi sembari balik bertanya. Lanjut ia seraya menilai prihatin perkembangan wisata di Sulteng. “Saya bilang tidak ada. Ada, mungkin belum optimal,” tutur Sigit Purnomo Said ca.Gubernur Sulawesi Tengah.

Menurut Pasha seperti Eko, Sport, Kuliner dan Education Tourisme di Sulteng masih lemah dan harus segera ditingkatkan.

“ke depan saya berpikir punya seperti ini, jenis-jenis wisata ini kan banyak. Ada Eko Tourisme, ada sport Tourisme, kuliner Tourisme, ada education Tourisme, dan itu semua ada di Sulawesi Tengah. Seperti yang saya katakan tadi, pertanyaannya kenapa harus kita bangun, karena biayanya murah,” terangnya memberikan alasannya.

Kita juga harus berkaca anggaran kita berapa? Tadi saya katakan anggaran pariwisata ada. pertanyaannya lagi, cukup tidak? Lalu, kita lihat skala kebutuhannya. Misalnya saya kasih contoh, ini kota palu di Salena misalnya, hanya dengan 3 miliar kita bisa rubah Salena. Sambungnya lagi, walaupun misalnya nanti kita buka jalannya dulu, itu contoh yang paling sederhana. Lanjutnya mengatakan berarti jika kita harus ambil 1 point, 1 titik di sulawesi tengah, dan betul-betul kita optimalkan dari hulu ke hilir.

Menurut Pasha, tak akan berhasil dunia pariwisata di Sulteng apabila sector pendukungnya tidak turut dibenahi. “Yang utama, kita harus benahi panjang run way atau landasan bandara mutiara sis’aljufri, agar pesawat dengan berbadan besar dari luar negeri bole mendarat mulus di Kota Palu. Lanjut, investor perhotelan kita undang untuk berinvestasi di Sulteng, sumber daya manusia di bidang perhotelan kita tingkatkan, dan bila perlu kita datangkan tenaga master untuk mengtransfer ilmu kepada SDM kita. Dan semua itu merupakan keharusan yang juga masuk dalam program peningkatan sector Pariwisata,” tuturnya berharap sembari mata pasha berkaca-kaca dan sesekali menatap ke atas sambil menghela nafas.

Saya sangat berharap besar ke depan Sulawesi Tengah di sector pariwisatanya akan jadi Central Celebes Is Province With a Thousand Heaven,” pungkas Sigit Purnomo Said @Pasha Ungu kepada kabartoday.com.

Comments

comments