Ops Patuh Telabang 2020 Dimasa Pandemi Covid-19, Ini Kata Kapolres Pulpis

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG –
Kapolres Pulang Pisau (Pulpis), Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), AKBP. Yuniar Ariefianto, S.H., S.I.K., M.H. memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Telabang 2020 di lapangan Mapolres setempat, Kamis (23/07) sekira pukul 07.30 WIB.

Dalam sambutan yang dibacakan Kapolres Pulpis, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen. Pol. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya.

“Ini dimaksudkan agar kegiatan operasi Patuh Telabang yang dimulai dari tanggal 23 Juli sampai dengan 05 Agustus 2020 ini dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” katanya.

Menurutnya, dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tidak semudah yang diperkirakan, karena itu harus dilakukan berbagai upaya untuk membina dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas atau kamseltibcarlantas sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Diharapkan operasi ini dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalulintas serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik,” bebernya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pelaksanaan operasi tersebut berbeda dengan tahun lalu, karena dihadapkan dengan pandemi covid-19. Sehingga lebih mengedepankan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru.

“Kami berharap masyarakat mematuhi peraturan lalu lintas untuk terciptanya situasi kamseltibcarlantas yang tertib dan juga terlaksana sosialisasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan menuju kebiasaan baru dengan harapan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Kapolres Pulpis didampingi Kasatlantas AKP. M. Syafuan Nor, S.I.K, saat ditemui Kabar Today.com mengatakan, operasi ini diharapkan dapat mendorong masyarakat meningkatkan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan dalam berlalu lintas di jalan raya serta meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Saya juga berharap operasi ini dapat menurunkan jumlah angka korban laka lantas dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan tertib dalam berlalu lintas,” jelas Yuniar.

Dia mengimbau kepada masyarakat, agar selalu berhati – hati dalam berkendara dan mematuhi segala peraturan lalulintas yang berlaku, bijak berkendara.

“Hindari berkendara dengan kecepatan berlebihan, Ingat keluarga menanti di rumah,” pinta Kapolres. KABAR TODAY.COM