Wisata Air “Pulau Kapas” di Resmikan

ERWIN | TOLITOLi – Pemkab Tolitoli Sulawesi Tengah (Sulteng) meresmikan “Pulau Kapas” menjadi salah satu objek wisata air, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan tarap perekonomian warga kecamatan Dako Pamean , Kamis (21/11/2019).

Bupati Tolitoli Hi Moh Saleh Bantilan, SH.,MH mengatakan, meski masih dalam tahap Penyelesaian pembangunan, peresmian pulau di kawasan laut pulau kapas, itu menjadi objek wisata air yang merupakan upaya untuk mendapatkan kepercayaan pemerintah propinsi dan pusat. Bahwa Pulau Kapas ini, merupakan salah satu Pulau yang berada dalam wilayah administratif Kecamatan Dako Pemean dan tidak berpenghuni.

“Keindahannya yang eksotik serta letaknya yang strategis, Pulau Kapas ini sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata, khususnya wisata bahari di Kabupaten Tolitoli,” ucapnya.

Menurut dia, Pulau kapas adalah salah satu kota Sulawesi Tengah yang menjadi pintu gerbang tujuan wisata ditolitoli, karena itu pihaknya berupaya mengelola Pulau Kapas menjadi objek wisata karena keindahnya tidak kalah dari objek wisata lainnya yang ada di Sulaweai tengah mau pun di Indonesia.

“Pulau kapas ini merupakan salah satu pulau-pulau kecil yang berada di tengah trngah laut, panorama matahari terbenam menjadikan keindahan tersendiri jika kita berdiri di ujung Pulau Kapas ini,” imbuhya.

Menurut Bupati, Inovasi Spot Menawan Pulau Kapas Yang dituangkan ke dalam proyek perubahan ini hendaknya bisa membawa perubahan ke arah pengembangan industri kepariwisataan di daerah ini.

Untuk mewujudkan pulau itu menjadi salah objek wisata pilihan warga, tentu membutuhkan perhatian, kerja sama dan dukungan semua pihak, terutama legislatif dan pengusaha dalam pengelolaan Pulau Kapas tersebut.

“Apabila niat baik ini mendapat dukungan semua pihak, kita yakin Pulau Kapas akan menjadi objek wisata air yang mampu meningkatkan PAD sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata.Bupati.

Inovasi Spot Menawan pulau kapas ini merupakan proyek perubahan yang dijalankan oleh Kepala Bidang Destinasi pada Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli Nurahman Syah, SP, MM sebagai rangkaian dari Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III (Diklat PIM III) yang sedang dijalaninya.

Acara peluncuran (Launching) Spot Menawan pulau kapas turut dihadiri Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tolitoli-Buol Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksosno, ST, M.Ter (Hanla), Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, M.Si, sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah, Pejabat dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Provinsi Sulawesi Tengah Isnaeni Ramadhan S.Sos, Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, Pejabat Perwakilan Unsur Forkopimda Tingkat Kecamatan Dako Pemean, serta masyarakat desa kapas dan sekitarnya. KABARTODAY.com

Comments

comments