Nelayan Berhak Mendapatkan Sertifikat Hak Tanah

 KabarToday.Com

BPN/ATR dan Kementerian kelautan & perikanan mengsosialisasi sertifikat hak atas tanah milik nelayan, kegiatan sosialisasi Dalam rangka meningkatkan jaminan Akses permodalan bagi nelayan dan pelaku usaha penangkapan ikan.

Kepala seksi BPN /ATR sengketa lahan supardi mengatakan kedua kementrian yakni kementerian kelautan dan perikanan telah menjalin kerja sama dengan kementerian Agraria dan tata ruang/ Badan pertanahan nasional BPN/ATR yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan, pemberdayaan nelayan dan usaha penangkapan ikan, melalui fasilitas dan pendampingan kegiatan sertifikat hak atas tanah bagi nelayan.

“Pembinaan ekonomi kelompok masyarakat penerimah sertifikat hak atas tanah ( sehat) nelayan dan pelaku usaha penangkapan ikan sudah memasuki tahun ke delapan.”

Lanjut supardi, tujuan sosialisasi ini, sebagai bentuk, agar nelayan dan pelaku usaha dapat diberikan kekuatan hukum atas kepemilikan hak atas tanah, dan memfasilitasi penyediaan aset yang bisa digunakan untuk mendapatkan modal usaha, agar nantinya bisa meningkatkan kepastian dan keberlangsungan usaha untuknpenerima penerimah manfaat.

“Memfasitasi nelayan dalam memperoleh kepastian hukum atas aset yang dimiliki, agar dapat dijadikan sebagai jaminan (Agunan) untuk memperoleh kredit modal usaha dari perbankan.”tutur supardi

Dimana agar nantinya dapat meningkatan kesejahteraan nelayan dan keluarganya merekab agar bisa lebih sejatra dalam mengikuti program ini. program ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu Pra Sertifikat dan Pasca Sertifikat. tegas supardi.*** Erwin | Tolitoli

Comments

comments