Malam Ini Di Indonesia Ada 1.904 Perayaan Malam Tahun Baru

Kabar Today – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya akan melakukan pengamanan sejumlah tempat yang menjadi lokasi perayaan malam tahun baru 2019.

Menurut dia, ada sebanyak 1.904 tempat di seluruh Indonesia, termasuk Kota Palu yang akan dijadikan lokasi pesta malam pergantian tahun dan itu akan menjadi prioritas pengamanan.

“Untuk malam tahun baru, yang jelas ada beberapa objek yang jadi sasaran prioritas pengamanan kepolisian. Itu juga menjadi fokus pengamanan,” kata Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (31/12).

Meskipun di beberapa daerah ada surat edaran gubernur yang mengimbau untuk tidak dirayakan malam tahun baru secara berlebihan, polisi tetap akan melakukan pengamanan yang menjadi obyek tempat perayaan malam tahun baru.

“Seperti di Kalimantan Tenggara (Kaltara), termasuk di DKI Jakarta ada imbauan dari gubernur, itu pun harus tetap kita antisipasi sewaktu-waktu, jangan sampai surat edaran tersebut dimanfaatkan untuk golongan tertentu untuk melakukan sweeping aksi provokatif dengan membubarkan masyarakat sebagian yang ingin merayakan malam pergantian tahun,” ujar Dedi.

Selain itu juga, lanjut Jenderal bintang satu ini, satgas antiterorisme dan densus 88 telah bekerja semaksimal mungkin untuk antisipasi dan mitigasi seluruh potensi ancaman terorisme pada saat perayaan malam pergantian tahun.

“Seperti di tempat-tempat ibadah atau tempat yang menjadi keramaian maupun di tempat pesta pergantian tahun baru. Contohnya di Bali itu fokus pengamanan, kemudian di Jakarta, dan beberapa daerah di Jawa,” ucapnya.

Sementara untuk pengamanan di tempat-tempat wisata, pihak kepolisian melakukan hal yang sama. Namun tempat wisata itu diperkirakan ramainya pada 1 Januari, karena masyarakat akan menghabiskan masa liburannya sebelum mulai kembali beraktifitas ditempat kerja.

“Kalau di tempat wisata itu biasanya ramainya setelah malam pergantian tahun baru, tanggal 1 Januari 2019 itu tempat wisata akan dijadikan sasaran masyarakat untuk menghabiskan waktu liburannya,” tuturnya.

“Itu juga aparat kepolisian fokus amankan di objek wisata. termasuk di seluruh bandara. Kemudian pelabuhan-pelabuhan, terminal itu juga jadi fokus pengamanan,” tandasnya.  TiM | Jakarta

Comments

comments