Kodim1305/BT-01 Terapkan Tanam Padi Jajar Legowo Dan Pengamanan Hari Raya Galungan

Tolitoli, KabarToday.com – Koramil 1305/BT-01 Serma Made melaksanakan pendampingan tanam padi dengan sistem Jajar legowo di lahan sawah milik petani Tinading didesa tinading kecamatan Lampasio kabupaten Tolitoli.(27/12)
Hadir dalam kegiatan tersebut petugas pendampingan PPL, selaku Ketua Poktan dan pemilik lahan, Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa Desa tinading bersama, PPL dan masyarakat tani bertujuan mendukung program swasembada khususnya di Desa tinading yang telah memasuki musim tanam.

Pola Tanam Jajar Legowo merupakan sistem penanaman yang mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada di pinggir (tanaman pinggir) atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir, bisa sistem Jajar Legowo 2:1, 3-1, 4:1.

Pada kesempatan itu Babinsa tinading Serma Made mengatakan, upaya dalam meningkatkan produksifitas harus tetap ditingkatkan, sistem Jajar Legowolah sangat tepat diterapkan. Sementara Kecamatan Lampasio memiliki potensi strategis dengan kondisi lahan yang cukup subur dapat memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian target program pemerintah, sistem “Jajar Legowo” pertumbuhan rumpun padi nantinya akan lebih banyak dan pasti hasil panen akan lebih bagus.

“Manfaat yang dirasakan ketika Tanam Padi dengan Sistem Jajar Legowo yaitu
Menambahnya jumlah tanaman padi, akan meningkatkan produksi tanaman padi secara signifikan. memperbaiki kualitas gabah karena akan semakin banyaknya tanaman pinggir dan dapat mengurangi serangan penyakit pada tanaman padi,” jelasnya.

Menurutnya, dengan demikian pelaksanaan kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa dan PPL bersama para petani diharapkan menghasilkan panen padi lebih bagus dan Produksifitasnya semakin meningkat.

Ditempat terpisah Desa Sibea kec. Galang Kab. Tolitoli pada hari Rabu tanggal 26 Desember 2018, Babinsa pelda Alimin melaksanakan Pengamananan Bersama untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat Umat Hindu Dalam melaksanakan Ibadah GALUNGAN,

Memberikan Pelayanan Kepolisian dengan Kehadiran Polri Melaksnanakan Pengamanan, sekaligus untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan Kamtibmas Dan mempererat tali silaturrahmi antara masyarakat dan Kepolisian.

Umat Hindu Yang Melaksanakan Ibadah Hari Raya Galungan, di Desa Sibea Sekitar 200 Orang.

Giat berjalan dengan baik dan lancar, dan sampai saat ini masih dalam keadaan aman dan terkendali.Erwin

Comments

comments