Kodim Lakukan Tanam Perdana Jagung Betras 1 di Galang

ERWIN | TOLITOLI – Mengantisipasi penyebaran Virus Corona dan meningkatkan ketahanan pangan di kabupaten Tolitoli Kodim 1305/BT melaksanakan penanaman perdana jagung Betras 1, Jumat (10/07).

Penanaman jagung Petras yang dilakukan Kodim 1305/BT berkerjsama dengan Pemerintah daerah Kabupaten Tolitoli dalam hal ini dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura serta masyarakat kelompok tani.

Kegiatan penanaman jagung dihadiri Dandim 1305/BT Letkol (Inf) Gunnarto SH, Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Tolitoli Ir Rustam Rewa, Ketua Pengadilan Negeri Tolitoli Syahbudin SH, Kasdim 1305/BT,Mayor Inf.Iko Power, Pasiter Korem 132/Tadulako, Mayor Inf.Jefri Mamonto, Kapolsek Galang Ipda Salman Putra Pratama S.Tr.K, Danramil Galang Pelda Joko Harianto, para Kepala Desa se-Kecamatan Galang, para Penyuluh Pertanian, Ketua Asosiasi Petani Kopi Kabupaten Tolitoli Hambali S.Pdi, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh wanita.



“Penanaman perdana ini mengunakan bibit jagung jenis Betras 1, dimana bibit jagung yang ditanam itu merupakan bibit variabel 1 yang tidak diperjual belikan di toko-toko,” Ucap Gunnarto.

Lanjut Gunnarto, Bibit jangung Betras ini merupakan komoditi tanaman pangan kedua yang sangat penting setelah padi. Dimana dalam era modern ini, pangan tersebut selain digunakan makanan tambahan, juga dijadikan sebagai pakan ternak dan bahan baku beberapa industri strategis yang kebutuhannya terus meningkat.

“Penanaman jagung ini untuk mendukung program Pemerintah tentang Pembinaan ketahanan pangan,” Imbuhnya

ditambahkannya lagi, Penanaman jagung yang dilakukan bertujuan sebagai langkah penghijauan dan memanfaatkan lahan terbuka sebagai ketahanan pangan dalam rangka antisipasi covid-19 di Kabupaten Tolitoli khususnya di wilayah Kecamatan Galang.

“Pemanfaatan lahan terbuka untuk ditanami jagung sebagai upaya penghijauan dan menciptakan ekomoni, kreatif dalam memamanfaatkan lahan yang ada,” Pungkasnya KABARTODAY.com

Comments

comments