Polres Tolitoli Gelar Pelatihan TPTKP-TKP Korban Pembunuhan

ERWIN | TOLITOLI – Puluhan personil Sat-Reskrim dari Satlantas Polres Tolitoli mengikuti pelatihan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan juga latihan Olah Tepat Kejadian Perkara (TKP), Rabu kemarin, guna peningkatan kemampuan individu personil,

Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan futsal Polres Tolitoli Rabu pagi.

Dalam skenario di lapangan, seorang korban pembunuhan disalah satu lokasi. Tim Satreskrim polres tolitoli lalu tiba dilokasi korban pembunuhan dan langsung melakukan olah TKP, cek kondisi korban, dan membuat sketsa gambar di TKP.

Materi pelatihan disampaikan langsung oleh Kasat Reskrim Tolitoli AKP Felix A. Saudale SH. bersama Kasat Sabhara Polres Tolitoli Iptu Arifin Mahmud SH ini diikuti oleh seluruh anggota Unit Reskrim, juga ikut hadir KSPKT serta personil Sat Sabhara Polres Tolitoli.

“Pelatihan terhadap Personil Sat Reskrim ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat apabila terjadinya korban pembunuhan, atau penemuan mayat diTKP. Sehingga dalam penanganan Kriminal dapat berjalan secara professional. Dan, tidak hanya Unit Reskrim saja yang bisa melakukan penanganan korban di TKP, Namun seluruh anggota Polres Tolitoli nantinya juga dapat melakukan proses penanganan TPTKP pembunuhan, sehingga mempercepat pelayanan dan penanganan korban pembunuhan”, jelasnya.

Lanjutnya, Pelatihan ini bertujuan membekali anggota dalam hal penagananpertama jika ada korban pembunuhan diwilayah Hukum polres Tolitoli. Kasat Reskrim juga mengatakan pelatihan seperti ini dilaksanakan untuk lebih meningkatkan keterampilan anggota di lapangan. “Kemampuan dan kecepatan menangani korban inilah akan menunjukkan kualitas sebagai anggota Polisi Reskrim” ungkapnya.

“Sebagai angoota Reskrim tidak melulu siap mengatasi keamanan dan pencurian saja. Tapi, kita juga harus selalu siap serta sigap dan cepat dalam bertugas menangani korban pembunuhan agar fatalitas korban pembunuhan dapat diminimalisir dan mengingat olah TKP merupakan ujung tombak dari pada keberhasilan pengungkapan kasus itu sendiri,” pungkasnya.

Pelatihan peningkatan kemampuan ini dibuka langsung oleh Kapolres Tolitoli AKBP Hendro Purwoko SIK MH. Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme petugas Kepolisian di bidang Identifikasi yang intinya merupakan pemberdayaan personil secara komperhensif. KABARTODAY.com

Comments

comments