Kapospol Tahai Sosialisasikan Karhutla

KabarToday.com

Pulang Pisau|Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi  terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta perkebunan, Polres Pulang Pisau melalui Kapospol Tahai AIPTU Sudiharso yang juga merangkap sebagai Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi serta himbauan kepada warga pada hari Jum’at, (27/7/18) sekitar pukul 13.30 WIB.

Bhabinkamtibmas memberikan pesan-pesan serta himbauan karhutla kepada masyarakat  Tahai Kecamatan Pandih Batu Pulang Pisau dengan cara mendatangi warga dari rumah ke rumah atau biasa disebut dengan Door To Door dan tempat-tempat yang sering dipakai untuk berkumpulnya warga seperti warung bahkan di area persawahan.

Cara ini dianggap sangat efektif, dikarenakan Bhabinkamtibmas bisa langsung bertatap muka sekaligus menyampaikan himbauan kepada warga binaannya masing-masing yaitu kepada warga Desa Tahai yang sedang membuka lahan pertanian maupun perkebunan agar tidak membakar lahan dengan sembarangan.

” Saya selaku Bhabinkamtibmas sangat berharap kepada warga yang mau membuka lahan supaya tidak dengan cara dibakar, mengingat dampaknya sangat fatal karena asap dari hasil pembakaran hutan dan lahan itu dapat mengganggu kesehatan “, terang Sudiharso.

Sugiharso juga menambahkan apabila warga masih nekat membuka lahan dengan cara dibakar, maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

” Apabila ada warga yang nekat membuka lahan dengan cara dibakar, maka kami akan menindak secara tegas sesuai hukum yang berlaku yaitu Pasal 187 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Pasal 41 ayat 1 UU No. 23 Tahun 1997 ancaman hukuman 10 tahun penjara serta denda 10 Miliar”, tegasnya. | Suyanto |

Comments

comments