Kapolri Idham Azis Pimpin Upacara Kenaikan Tipe Polda Sulteng

ERWIN | PALU – Tanggal 15 November 2019 merupakan hari yang bersejarah bagi sulawesi tengah dan seluruh personil Polda Sulawesi Tengah dan jajaran, dimana tepat tanggal 15 November polda Sulawesi Tengah akan menjadi Polda Tipe A.

peningkatan status Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) dari tipe B menjadi tipe A dipimpin langsung Kapolri Jendral Idham Aziz Pengukuhan ini berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : Kep/1965/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019.

Pengukuhan tipe polda Sulteng ini ditandai penyerahan Pataka Polda Sulteng ‘Wira Dharma Brata’ oleh Kapolri Idham aziz kepada Kapolda Sulteng Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto di Mapolda Sulteng, Jl.Samratulangi, Palu, Jumat (15/11/2019).

Terkait perubahan tipe Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dari Kepolisian Daerah tipe B menjadi Kepolisian Daerah tipe A.

Provinsi Sulawesi Tengah yang luas wilayahnya kurang lebih 61.841,29 km², dengan jumlah penduduk kurang lebih 2,9 juta jiwa terdiri dari 12 Kabupaten dan 1 Kotamadya, terdapat 11 Kepolisian Resor dan 89 Kepolisian Sektor, Dengan Jumlah Personil Polda Sulawesi Tengah saat ini kurang lebih 8.978 personil, dimana 3.339 personil bertugas di Polda Sulawesi Tengah, sedangkan sisanya sebanyak 5.639 personil tersebar di sebelas Polres jajaran Polda Sulteng, atau sesuai DSP seharusnya anggota yang ada di Polda Sulteng dan jajaran adalah 14.790 atau mengalami kekurangan 5.812 personil.

“Sebagai pimpinan tertinggi di Polri, dengan kenaikan tipe Polda Sulteng akan membangkitkan semangat dan kinerja jajaran Yang ada di kabupaten kota untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara, ” kata Idham kepada wartawan.

Kapolri Idham Aziz yang pernah menjabat Kapolda Sulteng pada 2014 hingga 2016, memotivasi seluruh personel di jajaran Polda Sulteng untuk memberikan kinerja yang terbaik kepada masyarakat di manapun berada.

“Tanggal 15 November 2019 akan menjadi Sejarah bagi polda sulteng atas kenaikan Tipe, dan tidak bisa dielakkan lagi hampir sebagian besar pimpinan-pimpinan Polri lahir dari Polda Sulteng, semoga ini bisa menjadi motivasi bahwa di manapun bekerja. Apabila memberikan yang terbaik, kamu akan dipilih oleh Tuhan dan organisasi,” ungkapnya.

Kapolri lalu menekankan kewajiban personel untuk bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada Sulteng. Dimana Pilkada tersebut akan diselenggarakan pada tahun 2020 mendatang.

“Pesan saya sebagai orang tua dan senior, kau tidak usah di mana-mana tapi ada dimana-mana. Terjemahkan kata-kata saya, artinya kau tidak boleh kirin kanan, yakinkan kepada saya Kapolda dan para Kapolres berada di posisi netral,” tegas Idham. KABARTODAY.com

Comments

comments