Kapal Tangker BBM Rusak, SPBU Di Palu Donggala Krisis BBM

DONGGALA – PT Pertamina menyatakan kemaren bahwa kerusakan yang terjadi pada kapal tanker pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) masuk ke Terminal BBM Donggala merupakan pemicu terjadinya kekosongan beberapa jenis produk BBM di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) di Donggala dan sekitarnya. Rabu, (9/10).

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan, mengatakan bahwa Kapal MT. Bumi Indonesia yang mengangkut BBM telah tiba di perairan Donggala pada Selasa (8/10).

Sementara itu, jadwal tersebut bersamaan dengan jadwal discharge MT. Alice sehingga kapal tidak bisa langsung sandar. Saat akan sandar, MT. Bumi Indonesia mengalami kerusakan mesin.

“Akibatnya proses bongkar muatan mengalami penundaan hingga proses perbaikan selesai. Dijanjikan akan selesai tengah malam nanti”, ujar Hatim.

Sejumlah opsi sedang diupayakan untuk percepatan sandar MT. Bumi Indonesia dengan tetap mempertimbangkan aspek keselamatan dan kehati-hatian.

Saat ini, paparnya, sejumlah mobil tangki telah disiagakan untuk dioperasikan 24 jam, siap untuk menyalurkan produk BBM apabila sebagian cargo telah dibongkar.

Hatim menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini dan menghimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir dan panik akan terjadi kekosongan BBM dan pembelian BBM harus dalam jumlah sewajarnya di SPBU, sebab ia memastikan semua jenis BBM akan segera kembali tersedia dengan jumlah cukup di SPBU wilayah Donggala dan Sekitarnya. HUMAS PERTAMINA