Kades Bajugan: Saya Sangat Bangga Dengan Satgas TMMD

Erwin, Kabar Today. Tolitoli – Gabungan warga Desa Bajugan kini bekerja dengan semangat tak kenal lelah semenjak kedatangan TNI ke desa mereka. Jalan kantong produksi dan jembatan yang mereka impikan selama ini akan segera terwujud melalui kerja sama dengan para prajurit Satgas TMMD.(3/11)

Inilah sekarang yang dirasakan warga masyarakat di dusun Ogo Moinit, dengan jarak dari pusat Kabupaten mencapai 28 kilometer. Hadirnya sejumlah pembangunan melalui TMMD Reguler 103 Tolitoli yang telah berhasil dihadirkan sang Kades Suriyanto ke dusun Ogo Moinit, membuat masyarakat tumbuh kembali budaya gotong-royong maupun lebih peka terhadap lingkungannya.

Masyarakat mulai mengerti bahwa BAB dan membuang sampah sembarangan dapat merusak lingkungan dan secara tidak langsung merugikan orang lain.

Suriyanto mempersilahkan Satgas TMMD membangun jembatan semi permanen, jalan kantong produksi dan menganggapnya sebagai hibah yang akan mendatangkan pahala baginya. Ini juga potret keikhlasan dan kepekaan warga tetap terjaga di desa yang terkenal dengan rama tamahnya itu.

Banyak hal-hal positif lainnya yang dilakukan TNI didesa kami. Sholat bareng setiap 5 waktu dengan warga, warga diajarkan melangsir batu estafet, diajak olah raga bersama, menghidupkan masjid yang biasanya satu atau dua saja warga yang shalat. “Pokoknya banyak pak, hal positif yang dilakukan TNI, dusun kami jadi ramai sekarang. Saya salut pada TNI,” ungkapnya menyemangati Satgas TMMD Reguler 103 Tolitoli.

Hadirnya TMMD juga mulai meningkatkan perekonomian warga yang berjualan makanan maupun minuman. Warung-warung yang biasanya sepi, kini mulai ramai karena kebiasaan TNI yang mengikuti warga untuk minum kopi. Secara otomatis inilah salah satu penjelasan terkait manfaat pembangunan yang nantinya secara langsung maupun tidak langsung akan mulai dinikmati warga Bajugan dengan hadirnya TMMD selain mendongkrak penjualan hasil panen warga ke kota.