Kabid Damkar Pulpis Sosialisasikan Pengenalan Apar Di PT. Kahayan Berseri

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulang Pisau (Pulpis) melalui bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang pemadam kebakaran di PT. Kahayan Berseri, kecamatan Jabiren, Kabupaten setempat, Sabtu (05/10).

Kegiatan ini diikuti oleh Tim Damkar yang dikomandoi Kabid Damkar, Marto dan anggota Damkar Pulpis juga jajaran PT. Kahayan Berseri dengan materi Pengenalan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) serta praktek lapangan pemadaman api.

Dihadapan jajaran PT. Kahayan Berseri, Marto menjelaskan terkait cara mengenali Apar dan cara menggunakannya. Dijelaskannya bahwa ada beberapa bagian dari apar yang wajib diketahui yakni harus ada label serta tanggal kedaluwarsanya, harus ada tuas, kunci pengaman, pengukur tekanan, selang dan corong.

“Penempatan apar yang tepat guna yakni mudah terlihat, mudah terjangkau, tersebar atau tidak terkumpul serta tidak terkunci,” terang Marto.

Lebih lanjut, Marto juga menjelaskan cara untuk merawat apar dengan melakukan perawatan pemeriksaan dengan cara membuka bagian Apar, pembersihan bagian yang kotor, pengisian ulang dan hydrostatic test.

“Pada poin pentingnya, pada setiap apar harus ada label dan catatan servis untuk mencatat tanggal disertai paraf pemeriksa dan juga segel indikator pemutus yang terbuat dari bahan kawat halus atau plastik halus yang mudah putus, itu yang wajib kita perhatikan,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM