Jelang Tahun Politik, Bupati Darmin Eksis Kerja Untuk Poso Aman Sejahtera.

ELKANA LENGKONG | POSO – Meski sedang diterpah isu miring, bupati poso Darmin Sigilipu tetap eksis berkarya dan berkerja buat negeri ini. Pada waktu dekat ini Poso akan jelang tahun politik suksesi Bupati Poso tahun 2020 sedang didepan mata, namun berbagai postingan miring di medsos mendera termasuk Bupati Poso Kol. Mar (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu.

Akhir-akhir ini, sejumlah tokoh penting di Poso mulai angkat bicara.Syarifudin Odjobolo Anggota F-Partai Golkar DPRD Poso dan Dr Misran Lawani MSi , menurut keduanya maraknya berbagai informasi yang ditujukan kepada orang no.1 di Kabupaten Poso itu dinilai telah melewati batas kewajaran.

Menurut Syarifudin Odjobolo, Senin (20/5), sebagai pemimpin yang tulus Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu telah mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN di kabupaten Poso.

Dengan gebrakan itu saat ini justru dianggap menjadi masalah bagi sebagian orang.

Padahal publik secara luas di Kabupaten Poso bahkan masyarakat Sulteng yang melintasi dari dan kekota Poso pasti mengakui kemajuan Poso saat ini dibanding sebelumnya.

Bagi anggota F-Partai Golkar DPRD Poso itu bicara pertumbuhan ekonomi sudah banyak penibgkatan akibat kemajuan pembangunan terjadi di Kabupaten Poso saat ini.

“Terkait kondisi adanya kelompok MIT dipimpin Ali Kalora Cs ,saya kira kita warga Poso sudah merasakan Kemajuan membaiknya situasi keamanan di Poso,” kata Syarifudin

Demikian juga Dr Misran Lawani MSi lewat pesan WA Senin (20/5) mengatakan berbicara soal keamanan di Poso dengan masih adanya sisa kelompok Santoso ,Ali Kalora Cs secara manusiawi kecemasan itu pasti ada walau sekecil apapun dan dalam situasi apapun, bukan hanya karena aksi teror, tapi juga dalam berbagai aspek kehidupan.

“Tapi bicara keamanan Poso saat ini, menurut hemat saya, suasana saat ini sangat aman dan kondusif. Masyarakat tidak diliputi dengan kecemasan. Parameternya antara lain, berbagai kegiatan lokal, dan skala Nasional seperti Pemilu dan Paskah Nasional dapat dilaksanakan dengan aman dan sukses,” dikatakan Misran yang ditambahkannya situasi Poso yang cukup dikenal terjadinya konflik dan aksi teror kini sudah jauh berubah. Itu terlihat setiap tahun dilakukan kegiatan Reuni orang Poso.

Suasana kondusif ini, tercipta bukan hanya karena peran pemerintah daerah setempat saat ini, tetapi juga atas peran pemerintah pusat. Terlebih karena peran bersama antara rakyat Poso dan Pemerintah.

Sejumlah tokoh masyarakat Poso mengatakan Kabupaten Poso setelah dipimpin Kolonel Mar (Purn) Darmin Sigilipu bersama Wakilnya Ir. Samsuri. Msi, banyak membenahi dan menata dengan melakukan pembersihan birokrasi untuk menjadikan Poso bebas dari KKN.

“Gebrakan Bupati Darmin saat menjabat berdampak dengan mulai terkuaknya kasus-kasus korupsi, aset daerah dan pengelolaan keuangan daerah yang tidak sesuai serta berbagai kebijakan penatakelolaan keuangan, seakan-akan Bupati Poso sebagai penyebabnya.

Tapi bagi mereka yang selama ini menikmati keuntungan dari praktek-praktek kotor tersebut melihat kebijakan bupati ini sebagai suatu tantangan dan musuh bersama yang perlu dibungkam agar praktek-praktek KKN yang selama ini terbangun rapih. Karena itu salah seorang tokoh masyarakat Poso yang enggan menyebutkan namanya menilai berbagai isu menerpa Bupati Poso Darmin Sigilipu sangat mungkin terjadi karena menghadapi tahun politik yang sudah didepan mata dimana suhu mulai naik.

Mungkinkah akan terjadi kontestasi politik seperti tahun 2016 silam. Menurut tokoh masyarakat Poso itu jelang tahun politik jmembuat Bupati Darmin selama ini tidak mau membuka komunikasi untuk membangun deal-deal politik terkait untuk menutupi berbagai kasus yang ada. Bupati Poso Darmin menyikapi hal itu dengan bekerja saja dengan baik untuk rakyat Poso dan tak perlu saling menyalahkan dengan mencari kambing hitam siapa yang salah.

“Kita ingin menata dan melakukan perubahan agar Poso lebih baik dan masyarakatnya lebih sejahtera. Mari kita berjuang bersama dan melakukan karya terbaik bagi masa depan tana Poso” kata sumber mengutip ucapan Bupati Darmin Senin (20/5). KABARTODAY.com