Jelang Pelaksanaan Program Bela Negara Yang Di Laksanakan Oleh LMP Tolitoli

KabarToday.com

Jelang pelaksanaan program bela negara  yang di laksanakan oleh Laskar merah putih Cabang Tolitoli terkait persiapan pencanangan desa Siaga bela negara Di desa Santigi Kecamatan Tolitoli Utara di Hari kemerdekaan RI ke 73 tanggal 17 agustus 2018, pengurus Laskar Merah Putih Markas Cabang Tolitoli berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Danlanal Tolitoli.

Rombongan yang terdiri dari unsur Pimpinan LMP Markas Cabang Tolitoli, Srikandi LMP, dipimpin langsung Ketuanya, Hikma Ma’ruf Asli yang  diterima langsung oleh Komandan Lanal Tolitoli, Letkol (p) Philipus sri Suharto, M.Tr (Hanla) di dampingi Palaksa Lanal tolitoli, Mayor laut(T) Agung Wahyudi, dan Pasi intel Lanal Tolitoli, Kapten laut (T) Wilujeng sajekti, bertempat di ruang kerja Danlanal Tolitoli, Kamis,(9/8)

Ketua LMP Cabang Tolitoli Hikma Ma’ruf asli,Spd.I menjelaskan terkait kegiatan Bela negara yang kami laksanakan, LMP cabang tolitoli melakukan pertemuan dengan Komandan Lanal Tolitoli bermaksud dan bertujuan melakukan koordinasi.

“Kami meminta kesediaan Pak Danlanal Tolitoli selaku Dewan Pelindung LMP Markas Cabang Tolitoli. Insya Allah beliau upayakan jadwalnya bisa hadir, mengingat pada hari itu beliau juga padat agendanya.”kata Hikma Ma’ruf, Kamis (9/8)

Hikma Ma’ruf lebih jauh menjelaskan bahwa Pencanangan Desa Santigi sebagai Desa Siaga Bela Negara karena posisinya yang berdekatan langsung dengan salah satu Pulau Kecil Terluar yakni Pulau Dolangan.

Sebagai Kawasan Strategis Nasional, Pulau Dolangan perlu menjadi perhatian khusus dari sisi pengembangan dan pembangunannya.”jelas Bung Hikma sapaan akrab ketua LMP tolitoli

Bung Hikma mengharapkan Pencanangan ini di harapkan menjadi momentum strategis menggalang partisipasi Bela Negara.

Untuk itu kedepannya LMP akan berkonsultasi dan mengajak semua eleman bangsa di Daerah ini terutama Pemda Tolitoli untuk bersama-sama menjaga kawasan strategis nasional di tiga pulau terluar termasuk Pulau Dolangan”jelas Hikma.

Dalam kegiatan bela negara yang di laksanakan LMP cabang Tolitoli di desa Santigi kecamatan Tolitoli Utara, terdapat beberapa acara rangkain pencanangan tersebut  dengan mengambil momentum HUT RI Ke -73.

Pada tanggal 16 Agustus 2018 (malam, tgl 17 agustus,red), di awali dengan acara malam Renungan Suci dan Dialog Kebangsaan pada Malam 17 Agustus 2018.

Tanggal 17 agustus (pagi, red) diadakan syukuran HUT RI Ke-73 yang akan ditandai secara simbolis dengan pemotongan tumpeng dan menikmati hidangan rakyat, bersama-sama warga Desa Santigi.

Acara puncak ditandai dengan Pencanangan Desa Siaga Bela Negara tepat pukul 10.30 Wita.

Selanjutnya pada sore hari diadakan lomba semarak Merah Putih, berupa  Lomba Lari Karung. Dan lomba tarik tambang.***Alam-Tolitoli

Comments

comments