Ipda Widodo Serahkan Buaya Hasil Tangkapan Warga Mantaren Ke BKSDA

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Buaya sepanjang 1,5 meter yang berhasil ditangkap warga Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) beserta personel Polsek Kahayan Hilir akhirnya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Palangkaraya, Rabu (04/03) malam.

Penyerahan hewan reptil tersebut di Pimpin Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda Widodo, beserta Kanit Provos Polsek Kahayan Hilir, Bhabinkamtibmas Desa Mantaren II, Bhabinkamtibmas Desa Anjir, serta Kepala Desa Mantaren II Agus Imam Murdianto serta disaksikan sejumlah warga Desa Mantaren II.

“Mengingat buaya ini merupakan hewan langka yang di lindungi oleh negara, maka harus secepatnya kita serahkan kepada pihak BKSDA,” ujar Kapolres Pulpis, AKBP Siswo Yuwono BPM melalui Kapolsek Kahayan Hilir Ipda Widodo.

Dijelaskan Widodo, penangkapan binatang melata yang dilindungi itu terjadi pada Rabu sore sekitar pukul 16.30 WIB dengan cara manual. Setelah tertangkap, buaya tersebut diikat oleh warga sambil menunggu kedatangan pihak BKSDA.

“Kita khawatir kalau kelamaan terikat nanti buaya ini akan mati. Makanya kita langsung menghubungi pihak BKSDA yang lebih tahu cara penanganannya,” jelasnya.

Kapolsek juga mengingatkan warga, supaya tetap berhati-hati dalam beraktivitas di sungai, lantaran menurut informasi dari warga, masih ada buaya lain yang masih belum tertangkap.

“Menurut informasi warga, ada lagi jenis buaya lain di sekitar lokasi tersebut. Karena itu, kami mengingatkan kepada seluruh warga masyarakat, harus tetap waspada dalam beraktivitas,” pinta Widodo. KABAR TODAY.COM

Comments

comments