Ipda. Laaser Tinjau Kesiapan Desa Tahai Baru Jelang Lomba Lewu Isen Mulang

Kapolsek Maliku Tinjau Kesiapan Desa Tahai Baru Jelang Lomba Lewu Isen Mulang

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Menghadapi lomba Lewu Isen Mulang tingkat Kabupaten Pulang Pisau. Polsek Maliku, Polres Pulang Pisau (Pulpis), melaksanakan pengecekan kesiapan Desa Tahai Baru dalam menghadapi lomba Lewu Isen Mulang tingkat Kabupaten Pulpis.

Pengecekan kesiapan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Maliku, Ipda Laaser Kristovor didampingi Bhabinkamtibmas Desa Tahai Baru, Bripka Vivri Wijaya ,Kades Tahai Baru, Guswantoro, Ketua BPD dan Pemdes Tahai Baru, Sabtu (08/08).

“Alasan kami menunjuk Desa Tahai Baru sebagai Desa yang diunggulkan dari 15 Desa di kecamatan Maliku karena memiliki keunggulan dalam kriteria yang dilombakan,” kata Kapolres Pulpis AKBP Yuniar Ariefianto SH.,S.I.K.,M.H melalui Kapolsek Maliku Ipda Laaser usai memimpin kegiatan.

Dikatakan Laaser, bahwa dasar pertimbangan lomba Lewu Isen Mulang yang diinisiasi Kapolda Kalteng, Brigjen Pol, Dedy Prasetyo tersebut menilai dari beberapa aspek yang meliputi 3 kriteria.

“Ketiga kriteria tersebut yakni, memiliki Ketahanan Pangan, Bebas dari Kebakaran hutan dan (Karhutla) serta Bebas Covid-19,” jelas Kapolsek.

Yang dikategorikan Ketahanan Pangan, lanjut dia, memiliki luas lahan sawah total 1500 Hektare, untuk padi dan saat ini didukung oleh Pemkab melalui program Food Estate Mini, selanjutnya
memiliki areal kebun sayur dan buah jeruk, lahan Kolam Ikan serta peternakan yakni ternak sapi dan kambing

“Untuk kategori Bebas Karhutla, ini dibuktikan dengan tidak adanya titik Hotspot dalam 5 tahun terakhir, memiliki posko dan kelompok MPA yang rutin di latih juga memiliki embung dan sumur bor,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan Kapolsek, Desa Tahai Baru juga terbebas dari Covid-19, dalam artian, warga Desa tersebut tidak ada warga yang terpapar viru Covid-19, karena kerjasama antara 3 pilar didukung Puskesmas Tahai Baru dalam sosialisasi dan edukasi pencegahan Covid-19 selama ini sangat baik.

Ditempat yang sama, Kades Tahai Baru, Guswantoro yang ikut mendampingi kunjungam Kapolsek Maliku beserta rombongan, mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi.

“Selaku Kades,saya berterimakasih kepada Polsek Maliku yang telah mempercayakan Desa kami untuk mengikuti lomba Lewu Isen Mulang tingkat kabupaten dan kami akan berusaha lebih baik agar bisa juara, kami yakin desa kami bisa,” pungkas Kades. KABAR TODAY.COM