Intelijen Terkenal Di Dunia

JeMmy Tehardjo | Kota Palu – Intelijen yang kita ketahui sepert kebanyakan di film-film, padahal kerja intelijen sendiri jauh lebih kompleks dan berisiko sangat tinggi dibandingkan yang dilihat di film.Di Indonesia intelijen diatur dalam UU no 17 tahun 2011 tentang Intelijen Negara adalah “Intelijen Negara berperan melakukan upaya, pekerjaan, kegiatan, dan tindakan untuk deteksi dini dan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan terhadap setiap hakikat ancaman yang mungkin timbul dan mengancam kepentingan dan keamanan nasional.”

Badan intelijen dari negara-negara besar seperti CIA (Central Intelegence Agency) dan FBI (Federal Bereu of Intelegency) yaitu badan intelijen dari negara Amerika Serikat.lalu ada The Security Service MI5 yaitu badan intelijen dari Inggris. Masih ada Federal Security Service of Russian Federtion atau F.S.B.dari keempat badan intelijen tersebut merupakan badan intelijen yang paling kuat di dunia.Sumber daya manusia negara kita memang kurang ahli di dalam bidang intelijen ini karena profesi ini harus mempunyai keahlian khusus dan keterampilan sebab profesi ini sangat beresiko.

Berikut Intelijen Tersohor Dunia Karena Jasa-Jasa Mereka Yang Luar Biasa :

1.Mata Hari (Mata-Mata Jerman)
.
00/00/1900. Portrait around 1900 of the famous Dutch dancer MATA HARI, in a white dress. She reached great success in Paris during the Belle Epoque, then became implicated in spy affairs for Germany during World War I for which she was executed by a French firing squad in 1917. Portrait vers 1900 de la célèbre danseuse hollandaise MATA HARI en robe blanche. Elle connut un grand succès durant la Belle Epoque à Paris puis fut impliquée dans des affaires d'espionnage pendant la Première guerre mondiale et fut abattue par un escadron français en 1917.
.
Mata hari adalah salah satu mata-mata paling terkenal sepanjang masa, Mata Hari adalah seorang penari eksotis dan pelacur kelas tinggi di Paris yang memata-matai untuk Jerman selama Perang Dunia 1. Perempuan kelahiran Belanda bernama Margaretha Geertruida Zelle memulai karir mata-mata setelah bekerja sebagai pelacur militer berpangkat dan politisi. Status pelacur dan paspor Belanda (Belanda adalah sebuah negara netral pada saat itu) memungkinkannya untuk tidur dengan musuh dan mengumpulkan informasi untuk militer Jerman. Sepak terjang Mata Hari terhenti pada bulan Januari 1917, ketika intelijen Perancis menagkap encode sinyal radio Jerman ke Berlin yang menyatakan bahwa mereka menerima informasi yang luar biasa dari mata-mata Jerman dengan kode nama H-21. Mata Hari diidentifikasi dan ditangkap di sebuah kamar hotel di Paris pada tanggal 13 Februari 1917. Dia dihukum mati oleh Firing Squad pada 15 September 1917 untuk alasan spionase. kabarnya nih, mata hari ini pernah juga memata-matai indonesia, dia tinggal di kota malang saat menjadi mata-mata untuk belanda.

2.The Rosenbergs (Mata-Mata Uni Soviet)
.
The Rosenbergs (Mata-Mata Uni Soviet)
.
Pasangan suami istri, Julius dan Ethel Rosenberg adalah Komunis Amerika yang dieksekusi mati pada tahun 1953 karena membocorkan rahasia nuklir ke Uni Soviet . Pasangan ini terlibat dalam spionase pada tahun 1942 , ketika Julius direkrut oleh KGB . Dia bertanggung jawab klasifikasikan laporan dan desain untuk KGB , termasuk desain murang yang digunakan untuk menembak jatuh U – 2 pada tahun 1960 . Ia dibantu oleh saudaranya iparnya , Sersan David Greenglass , yang mengaku menyampaikan informasi rahasia melalui Julius dan Ethel ( yang mengetik rahasia nuklir ) . Sedangkan tingkat keterlibatan Ethel relatif tidak menentu. Kasus terhadap mereka dimulai pada tahun 1951 dan keduanya dinyatakan bersalah atas konspirasi untuk melakukan spionase dan dieksekusi diatas kursi listrik di penjara Sing Sing pada tahun 1953 . Mereka adalah dua warga sipil Amerika yang dieksekusi karena alasan spionase selama Perang Dingin.

3.Aldrich Ames(Mata-Mata Uni Soviet)
.
Aldrich Ames(Mata-Mata Uni Soviet)
.
Mantan agen CIA Aldrich Ames ternyata mata-mata Uni Soviet pada tahun 1985 setelah ditempatkan di Ankara, Turki. Dia awalnya dikirim untuk merekrut perwira intelijen Soviet, tapi kemudian dia membelot ke soviet dan membeberkan rahasia AS ke Soviet karena krisis keuangan (gara-gara duit gan). Ditugaskan dikantor CIA, Ames memiliki akses identitas agen CIA dan memberikan informasi ke Soviet tentang agen-agen CIA tersebut. Hal ini menyebabkan sekitar 100 agen CIA diincar dan tidak kurang dari 10 agen CIA terbunuh. Ames sempat dua kali dites kebohongannya melalui alat detektor kebohongan karena diduga dia bergabung dengan KGB, tetapi dia gagal kerana diketahui rumah senilai setengah juta dolar,mobil sport mewah, merupakan pemberian soviet. Dia akhirnya tertangkap oleh FBI dan pada tahun 1994 dan dihukum penjara seumur hidup.

4.Giacomo Casanova (Mata-Mata Venetia)
.
Giacomo Casanova (Mata-Mata Venetia)
.
Casanova adalah mata-mata Venetian yang menulis buku “The Story of My Life”. Buku ini menceritakan kisah romantisnya dengan seorang wanita. Dia bekerja sebagai pengacara, dan antara tahun 1774 sampai 1782 dia menjadi mata-mata untuk Venetia (venice). tapi ia akhirnya diasingkan pada tahun 1782 karena menyebarkan fitnah kepada salah satu bangsawan kota.

5.Klaus Fuchs (Mata-Mata Uni Soviet)
.
Klaus Fuchs (Mata-Mata Uni Soviet)
.
Dalam daftar panjang mata-mata Soviet kita akan menemukan nama Klaus Fluchs , seorang fisikawan kelahiran Jerman yang ikut andil dalam pembuatan senjata fisi pertama dan model awal dari bom hidrogen . Setelah melarikan diri dari Jerman selama rezim Nazi , Fuchs bekerja di Inggris untuk proyek bom atom Inggris . Selama waktunya di Inggris , Fuchs berbalik menjadi mata-mata dan mulai memberikan informasi kepada Soviet , menurutnya bahwa soviet pantas untuk tahu senjata apa yang musuh sedang kembangkan . Ini berlangsung selama dua tahun , Fuchs terus memberikan informasi kepada KGB pada produk utama termasuk rencana teoritis untuk membuat bom hidrogen , dan memberikan data kepada Soviet yang digunakan untuk menentukan jumlah bom yang dimiliki AS . Dia diinterogasi pada tahun 1946 oleh pemerintah Inggris dan dijatuhi hukuman 14 tahun penjara.

6.Major John André (Mata-Mata Inggris)
.
Major John André (Mata-Mata Inggris)
.
Mayor John André adalah seorang perwira tentara Inggris selama Perang Kemerdekaan Amerika yang bersekongkol melawan Angkatan Darat Kontinental. Dia adalah seorang yang sangat disukai di masyarakat kolonial pada masa pendudukan Inggris di Philadelphia dan New York, tapi di balik semua itu,dia bertanggung jawab karena membantu upaya General Benedict Arnold (orang amerika) untuk menjual benteng West Point di New York kepada Inggris. Ia tertangkap setelah bepergian melalui New York dengan paspor palsu. André dihukum sebagai mata-mata bagi musuh, dan digantung pada 2 Oktober 1780.

7.James Armistead Lafayette
.
James Armistead Lafayette
.
Lafayette adalah agen ganda pertama Afrika-Amerika dan menjadi terkenal selama Revolusi Amerika. Dia adalah seorang budak milik William Armistead dari Virginia. james diberi izin untuk menjadi sukarelawan perang pada tahun 1781. Misi Nya termasuk memata-matai Brigadir Jenderal Benedict Arnold, dan laporannya yang penting dalam membantu mengalahkan pasukan Inggris selama Pertempuran Yorktown.

8.Frederick Joubert Duquesne (Mata-Mata Jerman)
.
Frederick Joubert Duquesne (Mata-Mata Jerman)
.
Frederick Joubert Duquesne, dijuluki “Black Panther”, adalah seorang mata-mata Jerman selama perang dunia kedua. Dipicu oleh kebenciannya kepada Inggris dan perlakuan mereka terhadap anak-anak dan wanita Boer, ia berpaling ke spionase dan bertanggung jawab untuk menyampaikan rahasia-khususnya tentang persenjataan Sekutu dan pengiriman gerakan-ke pasukan Jerman. Duquesne juga mendirikan organisasi “Duquesne Spy Ring”. Kemudian dia dan 33 anggotanya dijatuhi hukuman 300 tahun penjara.

9.Virginia Hall (Mata-Mata USA)
.
Virginia Hall (Mata-Mata USA)
Dikenal dengan julukan “Artemis” di Jerman, Virginia Hall adalah seorang mata-mata AS yang bekerja dengan Operasi Khusus selama Perang Dunia II pada tahun 1940 untuk sebuah divisi dari CIA. Usahanya termasuk membantu operasi Underground Perancis di Vichy dan sebagai koresponden perlawanan Perancis , virginia dikenal sebagai “yang paling berbahaya dari semua mata-mata Sekutu”. uniknya dia hanya punya satu kaki, yang satunya diamputasi dari lutut ke bawah.

10.Shi Pei Pu (Mata-Mata China)
.
Shi Pei Pu (Mata-Mata China)
.
Sebuah cerita rahasia seks, skandal mata-mata dan Opera terjadi di Beijing pada tahun 1964. Penyanyi opera Cina Shi Pei Pu bertemu petugas kedutaan Perancis Bernard Boursicot saat mengajar bahasa Inggris kepada keluarga diplomat , shi meyakinkan Boursicot bahwa dia adalah seorang wanita berpakaian seperti seorang pria (tomboy), dan mulai menjalin hubungan asmara dengan boursicot yang terpaut 20 tahun, bahkan dia berberpura-pura memiliki bayi (dibeli dari rumah sakit). Perselingkuhan itu mengakibatkan Boursicot menyerahkan sebanyak 150 dokumen kedutaan Prancis untuk dinas rahasia Cina sebelum kembali ke Prancis pada awal tahun 1980. Akhirnya Shi dan “anak”-nya ditangkap dan didakwa dengan tuduhan spionase, dia dan anaknya dihukum enam tahun penjara. Mereka dibebaskan setelah 11 bulan dan cerita Shi difilmkan dengan judul M. Butterfly.

11.Eli Cohen (Mata-Mata Mosad)
.
Eli Cohen (Mata-Mata Mosad)
.
Eli Cohen (Mata-Mata Mosad) 2
.
Eli Cohen (26 Desember 1924 – 18 Mei 1965) adalah seorang agen rahasia Mossad, Israel dan diangggap sebagai salah satu mata-mata paling sukses setelah perang dunia II. Lahir di Mesir, ia ikut serta dalam setiap aktivitas pro Israel di Mesir selama tahun 1950-an, seperti dalam Operasi Goshen meskipun pemerintah Mesir tidak pernah dapat membuktikannya. Ia direkrut Mossad pada tahun 1960 dan diberi identitas palsu sebagai orang Suriah yang kembali pulang setelah lama hidup di Argentina. Untuk memperkuat penyamarannya ini, ia bahkan pindah ke Argentina pada tahun 1961.
Kemudian ia pindah ke Damaskus, Suriah dengan nama alias Kamel Amin Tsa’abet (nama panggilannya Sa’bet atau Tha’bet). Cohen berhasil memperoleh kepercayaan dikalangan pejabat militer Suriah dan juga pejabat pemerintahan. Secara berkala ia mengirim informasi intelijen ke Israel lewat radio, surat rahasia dan kadangkala pada saat ia berkunjung ke Israel. Informasi yang sangat berharga yang berhasil ia kirimkan ke Israel pada tahun 1964 adalah data tentang kubu pertahanan Suriah di dataran tinggi Golan.
Akhirnya pada bulan Januari 1965, seorang ahli dari Uni Soyvet yang disewa oleh dinas intelijen Suriah berhasil menyadap pesan yang sedang dikirimkan Cohen ke Israel. Setelah dihadapkan ke pengadilan, ia diputuskan bersalah terlibat mata-mata dan dijatuhi hukuman mati. Banyak kepala negara barat (Perancis, Belgia, Kanada) yang meminta pemerintah Suriah untuk memperingan hukumannya bahkan Paus Paul VI ikut bersuara, tetapi ia tetap digantung oleh pemerintah Suriah pada tanggal 18 Mei 1965. Sampai dengan hari ini, Suriah yang merasa sangat kecolongan, tetap menolak memulangkan jenazah Cohen untuk dimakamkan di Israel.

12.Usman Dan Harun
.
9_usman-harun-tni-al_l
.
Konfrontasi Indonesia-Malaysia adalah sebuah perang mengenai masa depan Malaya, Brunei, Sabah dan Sarawak yang terjadi antara Federasi Malaysia dan Indonesia pada tahun 1962-1966.Perang ini berawal dari keinginan Federasi Malaya yang lebih dikenali sebagai Persekutuan Tanah Melayu pada tahun 1961 untuk menggabungkan Brunei, Sabah dan Sarawak kedalam Federasi Malaysia yang tidak sesuai dengan perjanjian Manila Accord.Adalah Harun Said dan Usman Hj Mohd Ali, dua anggota KKo (Korps Komando Operasi -kini dikenal dengan Korps Marinir) yang diberangkatkan ke Singapura dengan menggunakan perahu karet. Tugasnya adalah menyabotase kepentingan-kepentingan Malaysia dan Singapura.Kemudian beberapa pengeboman pun terjadi di negara itu, namun pada peristiwa pengeboman MacDonald House (10 Maret 1965) di gedung Hongkong and Shanghai Bank yang terletak di Orchard Road, Singapura yang membuat tiga orang meninggal dunia dan sedikitnya 33 orang cederai, mereka tertangkap.Pengadilan Singapura kemudian memutuskan Keduanya dihukum gantung pada tahun 1968. Setelah mendapatkan penghormatan terakhir dari masya rakat Indonesia di KBRI, pukul 14.00 jenazah diberangkatkan ke lapangan terbang dimana telah menunggu pesawat TNI—AU. yang akan membawa ke Tanah Air.

13. Anna Chapman (Mata-Mata Rusia)
.
Anna Chapman
.
Anna Vasil’yevna Kushchyenko bahasa Rusia: А́нна Васи́льевна Кущенко; lahir 23 Februari 1982; umur 35 tahun) adalah seorang berkebangsaan Rusia, yang ketika tinggal di New York, Amerika Serikat ditangkap bersama dengan sembilan orang lainnya pada tanggal 27 Juni 2010, atas dugaan bekerja untuk rangkaian mata-mata Program Ilegal di bawah agen intelijen eksternal Federasi Rusia, SVR (Sluzhba Vneshney Razvedki).[1][2] Chapman didakwa bersalah atas tuduhan konspirasi untuk bertindak sebagai agen pemerintah asing tanpa melapor Jaksa Agung Amerika Serikat, dan dideportasi ke Rusia pada 8 Juni 2010, sebagai bagian Pertukaran Tahanan Rusia-AS.***

Comments

comments