Ini Teknik Foto Kembang Api Pakai Handphone

Kabar Today – Momen pergantian tahun identik dengan pesta kembang api. Pesta kembang api selalu menjadi objek yang menarik untuk diabadikan. Nah, dengan perkembangan kamera ponsel saat ini, apalagi dengan adanya dukungan AI, foto kembang api dapat diambil dengan hasil yang memuaskan.

Berikut ini beberapa tips untuk memotret kembang api di malam tahun baru menggunakan smartphone melansir Tek:

Cari Lokasi Terbaik

Memotret kembang api idealnya dilakukan di tempat yang gelap. Biarkan kembang api menjadi satu-satunya sumber cahaya yang tersedia.

Tripod

Untuk hasil terbaik, cari lokasi yang cukup tinggi agar tidak terhalang oleh bangunan. Kamu bisa memanfaatkan loteng atau balkon rumah.

Layaknya menggunakan DSLR, kamera yang stabil diperlukan untuk mengambil gambar dengan kondisi minim cahaya. Ponsel sekarang memang cukup canggih untuk mengurangi noise, namun untuk berjaga-jaga pastikan menyediakan tripod untuk ponsel kamu.

Jangan Gunakan Flash

Untuk foto kondisi minim cahaya, flash terkadang bisa merusak hasil foto yang kamu ambil, apalagi jika sinarnya langsung menyoroti objek foto.

Pastikan kamu tidak menggunakan flash di kamera ponsel kamu. Pasalnya flash tidak akan banyak berguna jika digunakan memotret objek yang jauh.

Gunakan Mode Pro

Salah satu keuntungan menggunakan kamera ponsel saat ini adalah adanya mode pro. Di mode ini, kamu bisa mengatur ISO dan shutter speed. Beberapa ponsel bahkan bisa mengatur white balance kamera.

Triknya, atur ISO ke level rendah. Tujuannya agar makin banyak cahaya yang ditangkap kamera ponsel. Pastikan kamu tidak menggunakan mode auto. Bisa dibilang, mode auto bakal membuat ponsel kamu menghasilkan gambar yang nanggung. Makin gelap latar belakangnya, makin bagus foto kembang api yang kamu ambil. Tim | Jakarta