Himbauan Kapolres Tolitoli Terkait Dampak Bencana Kebakaran

ERWIN, TOLITOLI – Cuaca panas yang terjadi Tolitoli beberapa bulan terakhir ini, (Kemarau panjang), ditambah lagi dengan hembusan angin yang kencang, menjadi penyebab utama mudahnya terjadi kebakaran dan membuat api menjalar dengan cepat saat terjadi kebakaran.

Kepolisian Resort Tolitoli menghimbau masyarakat di Bumi kota Cengkeh Tolitoli, Agar tetap waspada terhadap bahaya kebakaran, khusus nya masyarakat yang memiliki lahan kebun  agar tidak melakukan pembakaran rumput, dan bagi para penguna motor yang sedang merokok agar tidak.membuang puntung rokok sembarangan.

Kapolres Tolitoli, AKBP Hendro Purwoko SIK. MH saat ditemui diruang kerjanya mengatakan memasuki musim panas yang berkepanjangan ini, masyarakat Tolitoli biasanya kerap berpergian keluar rumah, baik itu dalam rangka jalan jalan,untuk bersilaturahmi antar sesama dan pergi kekantor.

Warga diingatkan, kepada seluruh masyarakat agar selalu berhati-hati dalam membuang puntung rokok, dan nyalakan api untuk membersihkam lahan, agar jauhkan dari jangkauan barang-barang yang mudah terbakar.

“Matikan puntung rokok saat ingin membuang ditempat yang mudah terbakar, hindari kompor gas dan alat alat elektronik saat ingin berpergian, dan Khusus alat elektronik, sebelum keluar rumah dipastikan mematikannya. Sehingga kita semua dapat mencegah atau meminimalisir dampak bahaya kebakaran,”kata Kapolres Tolitoli saat dijumpai di ruang kerjanya, Sabtu (14/09).

Himbauan Kapolres ini bercermin dari peristiwa kebakaran yang terjadi dua hari ini, yang menhanguskan ratusan pohon cengkeh yang ada di kecamatan baolan kabupaten Tolitoli.

“Diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten Tolitoli, agar dimusim kemarau saat ini jangan ada lagi membuang puntung rokok yang masih menyala sembarangan dan jangan membakar lahan saat ini “ucapnya

Lanjut Hendro Purwoko, Polres Tolitoli telah mengintruksi kepada seluruh jajarannya, baik di tingkat desa maupun kecamatan (Polsek), agar sebisa mungkin menjaga wilayahnya dari ancaman kebakaran.

“saya sudah menyampaikan kepada seluruh anggota di polsek, yang ada diwilayah hukum Kabupaten Tolitoli, agar tidak membakar rumput sembarangan dan sengaja mebuang pungtung rokok di kawasan yang mudah terbakar.” Imbuhnya

Kebakaran yang terjadi hari ini (14/09) menjadi kebakaran yang terakhir dan diharapkan tidak ada lagi kebakaran yang timbul.

“Kebakaran hari ini harus jadi pelajaran buat kita semua, karna jika ini terjadi lagi pemilik lahan dan warga lainnya yang akan merasakan dampak kerugian yang terjadi akibat kebakaran ini.” pungkas kapolres KABARTODAY.com