Gagak Peling Jadi Maskot Endemik Kebanggaan Kabupaten Bangkep

JAYA MARHUM – MARDISON BA’U, BANGGAI – Kasmin Saputra
Masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) boleh berbangga, Sebab ternyata, Bangkep punya kebihan yang belum dimiliki daerah lain. Salah satunya adalah Gagak Peling, Hewan langka ini sudah punah dan tidak lagi ditemukan dalam 10 tahun terakhir disejumlah daerah di Indonesia.

Keberadaan Gagak Peling yang hanya hidup di hutan Bangkep, akan menjadi salah satu maskot Kabupaten Bangkep disektor pariwisata, apalagi pariwisata menjadi salah satu andalan Pemkab Bangkep untuk mendongkrak PAD, selain dua sektor lain nya, yakni perikanan dan Kelautan.(21/7)

“Ketika profesor peneliti dari LIPI memperlihatkan gambar (foto) Gagak Peling, seorang wisman Amerika yang juga peneliti merasa takjub, Ternyata jenis gagak yang sudah punah di daerah lain, justru masih ditemukan di Bangkep,” kata H Rais Adam.

Selain Gagak Peling, ternyata Bangkep adalah satu-satunya daerah pemilik kars (lubang-lubang) gua terbanyak di seluruh Indonesia. Potensi ini bisa menjadi daya tarik wisata alam sekaligus diminati wisatawan peneliti, untuk meneliti kars yang ada di Bangkep serta kelebihan dan daya tarik lainnya.

Satu lagi kekebihan yang ada diKabupaten Bangkep yakni adanya danau berwarna menarik, Daya tarik danau mungil ini memancing tim Wantimpres untuk membuat rumah singgah dekat lokasi danau, Tim Wantimpres sendiri kata Bupati Rais, sudah dijadwalkan untuk bekunjung dan melihat dari dekat keelokan danau sekaligus menyambangi rumah singgah yang dibangun.

Danau dimaksud telah menjadi penyumbang pemasukan desa hingga ratusan juta rupiah, Secara umum Rais Adam menjelaskan bahwa sesuai Nawacita, ia intes mendukung program tol laut, apalagi Bangkep adalah wilayah kepulauan yang butuh adanya tol laut.

“Dengan nantinya ada Tol laut akan lebih menyambungkan Bangkep dengan dua kabupaten lainnya yakni Banggai dan Banggai Laut (Balut).”Ucap Rais Adam sesuai dgn RPJMD

Bupati Banggai memprioritaskan pembangunan Banggai pada hal-hal urgen sesuai kebutuhan mendesak rakyat, Membangun tiga potensi, wisata, pertanian dan perikanan kelautan dengan tidak meninggalkan prioritas lainnya yakni pendidikan serta kesehatan.

Rais Adam menambahkan bahwa semua kelebihan dan keindahan Kabupaten Bangkep merupakan nilai plus yang bisa dijual, untuk mendongkrak sektor pariwisata. KABARTODAY.com

Comments

comments