Farisco Tutup Pelatihan Kewirausahaan Tata Boga Tahun 2020

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pulang Pisau, Farisco J.S Ibat secra resmi menutup kegiatan Pelatihan Kewirausahaan kejuruan Tata Boga yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (11/06).

Dalam sambutannya, Farisco mengatakan, sumber dana pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut berasal dari Anggaran Bantuan Tak Terduga (BTT). Dan untuk Disnakertrans Pulang Pisau ada dua jenis Pelatihan Kewirausahaan, yakni kejuruan Tata Boga dan Kejuruan Sablon.

“Setelah dilaksanakan selama 180 jam pelajaran (JP) atau 30 hari kerja, hari ini untuk pelatihan kewirausahaan kejuruan Tata Boga yang dilaksanakan di Depot Punjer Roso, Jalan Oberlin Metar resmi ditutup,” kata Farisco.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan pelatihan ini, selain menambah keterampilan, juga para peserta nantinya bisa menerapkan dan bisa membuka usaha sesuai dengan ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut.

“Karena ini adalah upaya pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam membangkitkan pelaku usaha yang terdampak akibat pandemi Covid-19 dalam upaya pelaksanaan pemulihan ekonomi,” lanjutnya.

Senada dengan Farisco, Kabid P3T, Rini Widigdo selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan bahwa pelatihan kewirausahaan tersebut merupakan salah satu dari Lima Program Kerja Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Ini juga merupakan upaya pemerintah untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya serta bertujuan agar para peserta dapat melanjutkan usahanya kembali setelah sempat lesu akibat terdampak Covid-19,” ucap Rini.

Rini menambahkan, para peserta ini telah mendapat instruktur yang berpengalaman hingga pelatihan praktek langsung, termasuk pemberian bantuan modal usaha serta peralatan memasak lengkap.

“Atas nama Dinas dan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, saya berpesan kepada para peserta, agar apa yang telah didapat, baik itu ilmu, keterampilan, peralatan serta modal rintisan usaha bisa digunakan sebagaimana mestinya,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments