Farisco Hadiri Pembukaan Pelatihan di BLK Komunitas Hidayatullah Pulpis

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Farisco J.S Ibat menghadiri pembukaan pelatihan Teknologi Informasi di BLK Komunitas Hidayatullah yang berada di Desa Hanjak Maju, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulpis, Senin (10/08).

Hadir juga mendampingi Kepala Disnakertrans Pulpis yakni, Kabid Pelatihan, Penempatan, Pelatihan, Produktivitas dan Transmigrasi (P3T) Pulpis, Rini Widigdo, ST, Kasi Pelatihan Disnakertrans Pulpis, Novita Banda, Staf Pelaksana Disnakertrans Pulpis, Maroeto, Ketua BLK Komunitas Hidayatullah Pulpis, Ustadz Sujarwanto dan peserta pelatihan.

Kepala Disnakertrans Pulpis dalam sambutannya, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BLK Komunitas Hidayatullah. Dirinya berharap, kegiatan yang diselenggarakan saat ini memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, mengingat tujuannya tidak lain untuk memberikan pelatihan kerja berbasis kompetensi khususnya bagi para pencari kerja.

“Seperti yang kita ketahui adanya pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, sangat mempengaruhi roda perekonomian skala nasional pada umumnya dan khususnya dunia usaha di Kabupaten Pulpis. Walaupun saat ini tidak ada PHK tetapi banyak dunia usaha yang menjalankan usaha dengan tertatih-tatih,” ucap Farisco.

Selain itu, lanjut Farisco, pelatihan ini juga untuk mengembangkan serta meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar dapat bersaing dalam dunia bursa kerja. Untuk, dirinya berpesan bagi peserta pelatihan kiranya dapat mengikuti program pelatihan ini dengan serius dan bersungguh-sungguh dengan rasa penuh tanggung jawab sesuai petunjuk serta bimbingan dari instruktur.

“Sehingga, dengan bekal keterampilan yang diperoleh para peserta mampu meningkatkan kualitas diri menjadi tenaga kerja yang mampu bersaing di pasar kerja lokal dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,” pintanya.

Lebih lanjut ia mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh BLK Hidayatullah ini juga sesuai dengan Visi Misi Bupati Pulpis, H. Edy Pratowo yang selaras dengan kebijakan Presiden untuk menjadikan tahun 2019 dan seterusnya sebagai tahun pengembangan SDM.

Menurutnya, Kemenaker telah memfasilitasi masyarakat yang ingin mendapatkan keterampilan, Alih ketrampilan maupun menambah keterampilan. Sedangkan untuk jenis pelatihan kejuruan itu sendiri akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja lokal guna mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha.

“Diharapkan, nantinya dapat menekan angka pengangguran khususnya di Kabupaten Pulpis yang kita cintai,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid P3T, Disnakertrans Pulpis, Rini Widigdo, ST yang hadir pada kesempatan itu, berpesan kepada para peserta maupun instruktur yang ada di BLK Komunitas Hidayatullah, agar selalu menjalankan serta menerapkan Protokol Kesehatan selama pelaksanaan pelatihan.

“Karena kita semua berkewajiban untuk membantu komite satuan tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Pulpis dalam menekan penyebaran virus Corona. Sayangi diri kita, keluarga dan orang di sekitar kita. Marilah kita berkomitmen, bersama lawan dan cegah covid 19 semoga kita semua dilindungi Allah SWT dan terhindar dari Covid-19,” singkatnya. KABAR TODAY.COM