Edy Pratowo : Belum Ada Wacana Program Transmigrasi di Pulpis

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Menanggapi adanya isu Transmigrasi yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan dikalangan masyarakat saat ini, Bupati Pulang Pisau (Pulpis), H. Edy Pratowo dengan tegas mengatakan bahwa saat ini belum ada wacana untuk program Transmigrasi tersebut di Kabupaten Pulpis.

“Masih jauh mas, saat ini kita fokus di 30 Hektare lahan untuk optimalisasi, yakni 20 ribu Hektare di Kabupaten Kapuas dan 10 ribu Hektare di Kabupaten Pulpis ini,” ucap Edy di ruang Rapat Bupati, Senin (06/07).

Dikatakan Edy, berdasarkan data yang ada, dari 10 ribu Hektare lahan Eksisting pertanian yang bakal dioptimalkan tersebut berada di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Pandih Batu dan Kecamatan Maliku Kabupaten Pulpis.

“Program kita saat ini adalah Intensifikasi yaitu memanfaatkan lahan yang sudah ada untuk ditingkatkan hasil produksinya,” katanya.

Sedangkan untuk program Ekstensifikasi atau pembukaan lahan, Bupati mengatakan, tidak serta merta program tersebut bisa dilaksanakan. Karena, untuk menuju ke Ekstensifikasi perlu kajian dan juga diskusi bersama.

“Kalau berbicara untuk Transmigrasi, ya pasti kita juga harus berbicara juga sejauh mana keterlibatan warga masyarakat kita. Mengingat lahan-lahan kita berada dikawasan-kawasan hutan, jadi diperlukan kerjasama,” terang Edy.

Dirinya berharap, seluruh warga masyarakat agar berpandangan positif terhadap program yang dicanangkan pemerintah ini dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Dalam rangka memberikan kesejahteraan rakyat.

“Sekali lagi saya katakan, tahap menuju Transmigrasi masih sangat panjang. Dan itu pastinya akan melibatkan masyarakat dan petani lokal tanpa menghilangkan kearifan,” tutupnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments