Dua Hari Berturut Turut, Kebun Cengkeh Terbakar

ERWIN, TOLITOLI – Kebakaran Kebun Cengkeh milik Hendrik Susongko di kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli ludes di lalap si Jago merah, Sabtu (14/09), pukul 12.55 WIT.
Kebakaran ini menghanguskan ratusan  kebun cengkeh milik Hendrik Susongko (50)

Informasi yang berhasil dihimpun kabartoday.com di lapangan, dugaan sementara, salah satu masyarakat sumalikat Ruspi menyampaikan, api bersumber dari puntung rokok, yang di buang sembarangan, yang diperkirakan dibuang oleh penguna jalan saat melintas dijalan Bukit Sumalikat. Api kemudian membesar dan tak bisa dipadamkan. Saat kebakaran terjadi pemilik kebun cengkeh tidak berada di lokasi.

Untuk memadamkan api, warga pun kerepotan, karena gunung Bukit sumailikat saat ini sedang terjadi krisis air. Air leding dari PAM pun sudah tidak berjalan.“ Bagimana kami mau memadamkan api, air di jalur PDAM Tidak mengalir,” ujar ruspi yang kebun cengkehnya tak jauh dari lokasi kebakaran itu.

Mobil water canon milik Polres Tolitoli dibantu mobil BNPB, Damkar dan Monil milik TNi Al juga turut membantu dilokasi kebakaran, saat tiba di lokasi kebakaran, api sudah mulai padam, karna masyarakat berupaya dengan mengunakan Tangki solo, dan memadamkan secara manual untuk melakukan penyiraman.

Akibat kebakaran yang terjadi, diperkirakan ratusan pohon cengkeh milik warga Hendrik Susongko hangus dilalap sigajo merah.

Sampai berita ini dinaikkan, kebakaran kebun cengkeh yang terjadi di bukit sumailikat kelurahan Nalu kecamatan baolan kabupaten Tolitoli, Api telah berhasil dipadamkan.KABARTODAY.com