Dobby, Si Drone Saku Merekam Hingga 4K

KABARTODAY.COM | Teknologi – Jika biasanya drone yang berukuran kecil hanya dibekali dengan komponen yang standar, maka pemikiran tersebut akan berubah jika ketemu dengan Dobby. Ini adalah drone buatan Startup asal China yang tengah menggalang dana untuk proyek drone yang dapat masuk ke dalam saku.

Bukan drone saku biasa, tapi drone dengan kemampuan mumpuni seperti kebanyakan drone high-end saat ini. Xiaomi juga telah memasuki pasar drone dengan Mi Drone quad-copter yang memiliki kamera tanam dengan kemampuan merekam video 4K, serta dibanderol separuh dari harga drone buatan DJI yang memiliki kemampuan serupa. Namun drone buatan mereka masih dianggap terlalu besar.

Hal inilah yang dimanfaatkan Dobby untuk menghadirkan drone berkemampuan canggih namun dengan seukuran saku. Dengan kemampuan lipat, drone ini dapat masuk ke dalam saku dengan mulus, karena baling-baling masuk ke dalam bodi utama. Drone dengan bentuk padat ini memiliki dimensi 135 x 67 x 36.8mm dan empat rotor.

Di bagian internal, Dobby akan disokong oleh chipset Snapdragon 801 dengan 2GB RAM dan memiliki 16GB memori internal. Penyimpanan internal akan digunakan untuk memotret melalui kamera drone 13 mega-pixel atau video sampai dengan resolusi 4K.

Seperti drone lainnya, Dobby juga dibekali dengan fitur koneksi WIFI, GPS dan GLONASS, serta akan ada aplikasi smartphone untuk mengendalikan drone daripada memiliki controller terpisah. Selain mampu terbang standar ‘manual’, Dobby juga miliki fitur follow me, dan dapat diatur untuk terbang melalui titik arah.

Saat ini drone ini masih dalam tahap penggalanagan dana di Taobao, China. Sementara untuk harga per unit dibanderol $260 atau sekitar Rp3,5 juta. ***

Comments

comments