Disbudpar Pulpis Gelar Festival Budaya Secara Virtual

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG –
Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulpis (Pulpis) menggelar Festival Handep Hapakat yang dilaksanakan secara virtual. Event tersebut bertujuan menggiatkan semua sanggar seni lintas etnik di Pulpis ditengah pandemi Covid-19.

“Kami berharap semua sanggar seni yang ada di Kabupaten Pulpis dapat ikut berpartisipasi dalam event ini,” ucap Plt. Disbudpar, Osa Maliki kepada sejumlah media, Kamis (17/07).

Selain itu, dirinya juga mengatakan, event ini diadakan sekaligus untuk mengangkat serta menjunjung nilai suku dan budaya kesenian tanpa meninggalkan kearifan lokalnya.

“Budaya Dayak tetap menjadi prioritasnya. Oleh sebab itu, kita berharap ada jenis seni tari garapan murni suku Dayak khas Kabupaten Pulpis untuk bisa ditampilkan dalam event ini,” tambah Osa.

Osa juga menjelaskan syarat serta ketentuan bagi para peserta tarian dalam mengikuti event itu. Salah satu syarat yang ia tekankan yaitu peserta diwajibkan memiliki KTP asli Pulpis.

“Biarpun tariannya bagus, tapi apabila kami temui ada yang berasal dari luar Pulpis, maka akan kami diskualifikasi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Osa mengatakan dengan diadakannya kegiatan itu, sekaligus untuk menginventarisasi sanggar-sanggar seni budaya di Kabupaten Pulpis. Menurutnya, ada beberapa sanggar seni budaya yang sebelumnya pernah menerima bantuan dari pemerintah Kabupaten Pulpis.

“Dari event ini, akhirnya kita akan mengetahui berapa banyak sanggar-sanggar seni yang masih aktif dan yang tidak aktif. Apabila ada yang tidak aktif, maka akan kita tanyakan
terkait kendala apa yang dihadapi mereka,” tandasnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments