Dinas Pariwisata Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu

 KabarToday.com

Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli mengelar pemandu wisata terpadu, dalam kegiatan pemandu wisata terpadu Penampilan Tarian Moduai untuk mengawali kegiatan dalam pembukaan acara DISPAR Kabupaten Tolitoli yang diselenggarakan (Senin 6/8).

Dimana dalam acara Pembukaan pelatihan pemandu wisata terpadu, turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, Sekretaris Lembaga Sertifikasi Pariwisata, Dra. Margaretha Widid, M.Si selaku narasumber, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli Moh. Nasir Dg. Marumu, S.Pt.,MM, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan pimpinan unit kerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Tolitoli, Insan Pers dan para peserta.

Dalam laporannya ketua penyelenggara kegiatan pemandu wisata terpadu mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan pemandu pariwisata terpadu ini adalah Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Sedangkan tujuannya adalah untuk menciptakan pemandu wisata yang profesional dan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang kepariwisataan indonesia khususnya Tolitoli.

“Peserta pelatihan pemandu wisata terdiri dari anggota TIC Tolitoli, Alumni Perguruan Tinggi yang memiliki kemampuan bahasa asing dan alumni lembaga pendidikan bahasa asing,” Kata Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli Amirudin S, Sos.,M.Par.

Sementara itu, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli bidang Pemerintahan DR Adjimain Laterey,M.Si yang mewakili Bupati Tolitoli dalam acara kegiatan pemandu wisata terpadu mengatakan, dalam rangka menyambut kunjungan wisata khususnya wisatawan mancanegara, dibutuhkan pramuwisata yang profesional dibidangnya.

Pemandu wisata atau pramuwisata adalah petugas yang memberikan bimbingan penjelasan dan petunjuk tentang objek wisata serta membantu segala kebutuhan wisatawan dengan memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris.

“Tugas pramuwisata sebagai informan penghubung industri penunjuk penjaga tour plener, marketer dan  menerangkan tentang paket wisata,” tutur Adjimain Laterey

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan etika profesi menuju pembentukan pemandu wisata yang profesional memberikan pemahaman tentang pentingnya sertifikasi kompetensi yang harus dimiliki pemandu wisata dan mengenal produk dan karakter pariwisata indonesia khususnya tolitoli, sebagai salah satu komponen paling vital dan strategis serta sebagai ujung tombak dalam Sektor Kepariwisataan Tolitoli.

Ditambahkanya lagi Bupati mengingatkan dalam sambutannya, mengatakan pada akhir kalimat, bahwa etika dan pengetahuan yang dimiliki oleh pramuwisata sangat mempengaruhi kualitas pelayanan mereka kepada wisatawan yang datang berkunjung ditolitoli secara langsung, dan akan berdampak pada kenyamanan yang diterima oleh wisatawan selama berada di Kabupaten Tolitoli nantinya. *** Erwin | Tolitoli

Comments

comments