Desember 2018, Batas Waktu Pengembalian Temuan BPK

Kabar Today.com

Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TPTGR) memberikan batas waktu (deadline) hingga bulan Desember 2018, kepada lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan pengembalikan temuan laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tahun anggaran 2017.

Ketua MP – TPTGR Kabupaten Tolitoli, Rahman Alatas dikonfirmasi Senin (3/9/2018) usai menggelar sidang TPTGR menjelaskan, sidang TPGR yang telah dilaksanakan untuk menindaklanjuti rekomendasi BPK RI atas LHP pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Tolitoli tahun 2018.

“Iya , kami hanya menindaklanjuti rekomendasi BPK atas LHP tahun 2018,” imbuhnya

Kelima OPD yang disidang TPTGR kata Rahman Alatas, “temuan kelebihan membayar tunjangan pimpinan dan anggota DPRD Tolitoli tahun 2017 sebesar Rp 500 juta lebih.”

Lanjut,  pengadaan Alat Kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Tolitoli tahun 2017 sebesar Rp600 juta, dan sebagian sudah dikembalikan, kemudian temuan di Dinas Perikanan dan Kelautan Tolitoli berupa temuan pengadaan karamba sebesar Rp 50juta, ditambahkanya lagi temuan makan minum di Rumah Sakit Mokopido Tolitoli sebesar Rp100juta lebih tahun anggaran 2016, dimana temuan BPK baru sebagian yang dikembalikan, serta temuan BPK di Dinas Perhubungan (Dishub) Tolitoli terkait masalah penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp 30 juta lebih.

Item ini juga sudah sebagian yang dikembalikan ke kas daerah.

“Dari Hasil temuan BPK sudah sebagian dikembalikan, dan mereka berjanji akan melunasi di awal bulan Desember, sebelum turun BPK RI melakukan pemeriksaan,” ujar Inspektur Inspektorat Tolitoli itu.

Ditanya mengenai sikap inspektorat jika sampai bulan Desember 2018, OPD belum mengembalikan temuan BPK.

Ia optimis semua akan dilunasi dengan hasil persidangan hari ini (Senin). Jika masih ada OPD yang belum melunasi, pihaknya tidak bisa berbuat apa apa,  jika aparat penegak hukum APH yang menindak lanjuti temuan tersebut. *** Erwin | Tolitoli

Comments

comments