Dandim 1305/BT Lakukan Pengecekan Rutin Kendaraan Dinas TNI AD

ERWIN | TOLITOLI – Dalam rangka mencegah dan menekan terjadinya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan prajurit dan PNS TNI, Kodim 1305/BT udai melaksanakan Apel Pagi Kodim 1305/BT dengan melibatkan Staf Intel dan bekerja sama Subdenpom Tolitoli guna melaksanakan Sosialisasi Operasi Gaktib dan Yustisi 2019 dihalaman Makodim 1305/BT Jumat (13/12).

Kegiatan rutin triwulan sebagai bentuk tanggung jawab kepada negara, ini juga sekaligus dirangkai dengan pemeriksaan administrasi kelengkapan surat-surat kendaraan, kondisi fisik kendaraan, serta kelengkapan materil kendaraan. Baik kendaraan dinas, kendaraan pribadi roda dua, maupun roda empat atau lebih. Adapun yang diperiksa seperti STNK TNI/Umum, SIM TNI/Umum, Kartu Tanda Anggota (KTA), dan data diri personel lainnya.

Dandim 1305/BT Letkol Inf Gunnarto S.H mengatakan, kegiatan Sosialisasi Operasi Gaktib dan Yustisi serta pemeriksaan kelengkapan personel dan kendaraan ini dilaksanakan dalam rangka Operasi Rutin Gaktib dan Yustisi POM TNI 2019 yang telah digelar diseluruh wilayah tanah air, sebagai upaya preventif guna mencegah dan mengeliminir serta menekan tindak pelanggaran prajurit dan PNS di lingkungan TNI khususnya Kodim1305/BT.

“kegiatan ini tidak hanya di Kodim 1305/BT saja, namun juga dilaksanakan di seluruh jajaran Korem 132/Tadulako, Sebagai tindakan dan langkah preventif guna mencegah dan menekan pelanggaran yang dilakukan prajurit dan PNS baik pelanggaran disiplin maupun tindak pelanggaran pidana”, ujar Dandim.

Dengan kegiatan ini Dandim 1305/BT berharap, di kalangan prajurit dan PNS TNI akan timbul kesadaran dan ketaatan hukum, disiplin dan tata tertib dalam berlalu lintas, serta disiplin personel dalam pelaksanaan tugas.

“Diharapkan pula, prajurit dan PNS TNI dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam tertib berlalu lintas,” sebutnya.

Lanjut Dandim, Setiap anggota yang diberikan kepercayaan untuk menggunakan kendaraan dinas tersebut agar menanamkan rasa memiliki sehingga kendaraan tersebut dapat diperhatikan dan terawat dengan baik.

“Jaga dan rawat semua kelengkapan kendaraan baik fisik maupun non fisik serta gunakan helm standar dalam berkendara,” Pungkasnya.

Sementara itu, Dansubdenpom Tolitoli Lettu CPM Bachtiar, diwakili Peltu Laha menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mengetahui dan mengecek sejauh mana para prajurit dan PNS TNI dalam mendisiplinkan dirinya serta melengkapi kelengkapan administrasi, baik kelengkapan diri maupun kelengkapan kendaraannya.

“Kegiatan ini sebagai langkah preventif kita (POMAD) agar personel dapat melengkapi apa yang dirasa belum ada kelengkapannya, sehingga kedepan personel bila ada gaktib disiplin, mereka sudah tidak ragu lagi melaksanakan tugas dengan semestinya tanpa ada beban di pundaknya,” tukasnya Peltu Laha. KABARTODAY.com

Comments

comments