Dana DAK Fisik Rumah Sakit Mokopido Tolitoli Cair Minggu Depan

ERWIN, TOLITOLI —Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Tolitoli untuk kegiatan fisik belum dapat disalurkan ke rekening daerah, karena dokumen persyaratan pencairan yang belum masuk dan lengkap.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang diwakili Abdul Choliq mengatakan bahwa seharusnya dana penyaluran tahap pertama mulai berjalan. “Namun, sampai awal juli ini baru sebagian bidang yang menyampaikan persyaratan penyaluran secara lengkap,” katanya Abdul Choliq (12/7/2019).

Saat ditemui wartawan Abdul Choliq menyampaikan dana tersebut dialokasikan untuk bidang bidang yang dilaksanakan pada organisasi perangkat daerah di Pemkab Tolitoli. Dia mengatakan bahwa pihaknya sudah menggelar rapat koordinasi dengan seluruh dinas penerimaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolitoli yang juga dihadiri oleh Kepala Bepedda dan kepala Inspetorat (APIP) Perbendaharaan (DJPb) Tolitoli guna mendorong percepatan penyaluran anggaran tersebut.

DAK Fisik tersebut akan disalurkan dalam tiga tahap dengan porsi tahap satu sebesar 25%, tahap dua sebesar 45% dan tahap tiga sebesar 30%.

Lanjut Abdul Choliq mengatakan bahwa Pemkab Tolitoli perlu mempercepat penyampaian persyaratan penyaluran kepada KPPN Tolitoli agar dana tersebut dapat segera dicairkan ke kas daerah.

“Untuk saat ini ada empat Bidang yang belum memdapatkan rekomendasi pencairan dari Inspetorat (APIP) dan Badan Keuangan Daerah (BKD).”

“DAK fisik itu harus sungguh – sungguh dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan dan pelayanan publik dan anggaran DAK sesuai juknis untuk pengunaan pembagunan Fisik.” katanya.

Lanjut Abdul Choliq untuk permintaan pencairan DAK Rumah Sakit Mokopido Tolitoli sudah dilakukan oleh pihak Dinas keuangan Daerah dan tinggal menunggu waktu saja untuk dicairkan.

“karna surat rekomendasi penyampaian yang masuk dari APIP ke KPPN tertanggal (03/07) dan harus menunggu persetujuan pembayaran dari Bupati, dan surat itu telah kami terima pada Tanggal (9/7) dari Dinas Keuangan Daerah.”

Ditambahkanya lagi untuk itu dalam kurun waktu satu minggu setelah permintaan, baru bisa dibayarkan sesuai jadwal yang telah ditentukan  pembayaran yang telah ditentukan pada Selasa (16/7).

“DAK Rumah Sakit Mokopido akan dibayarkan pada hari selasa minggu depan, karna diatas 1 Millyar kami harus buatkan Rens Kas baru bisa di cairkan.” pungkas Abdul Choliq. KABARTODAY.com