Cegah Karhutla, Polsek Maliku Laksanakan Patroli Terpadu

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kepolisian Sektor (Polsek) Maliku, Polres Pulang Pisau (Pulpis) mulai menggelar Patroli Terpadu di desa-desa rawan kebakaran. Patroli tersebut digelar sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan Patroli Terpadu yang dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB tersebut diikuti oleh Arif Setia Budiawan (MA),Patroly (MA), Pratu. M.Arifan Widya (TNI), Bripka. Vivri Wijaya (POLRI) serta Pitoyo (MPA), Selasa (28/07).

“Kegiatan Patroli Terpadu ini setiap hari kami laksanakan, terutama di daerah yang rawan terjadi Karhutla, yaitu Desa Gandang Barat, sideodadi Dan Kanamit Barat,” kata Kapolres Pulpis AKBP Yuniar Ariefianto melalui Kapolsek Maliku Ipda Laaser Kristovor.

Dikatakan Laaser, hari ini Tim mendatangi serta memberikan himbauan kepada warga yang sedang membersihkan kebunnya yang akan ditanami pohon Sengon. Mengingat lokasi kebun milik warga tersebut berada di daerah rawan karhutla.

“Kita harus bersama-sama mengantisipasi terjadinya kebakaran di sekitar lahan kita. Karena kebakaran yang terjadi dapat menimbulkan bahaya bagi diri sendiri dan orang lain maupun lahan orang lain,” tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, Tim juga melakukan pengecekan Sumber air berupa sumur bor yang berada disekitar lahan tersebut. Hasilnya, sumur-sumur bor dari BRG tersebut masih berfungsi dengan baik.

Selain itu, ucap Laaser, adanya sinergitas dan komunikasi yang baik antara pihak terkait dengan dukungan masyarakat sangat diperlukan. Pihaknya berharap kegiatan pencegahan ini membuahkan hasil bahwa tahun ini tidak terjadi Karhutla di Kabupaten Pulpis.

“Tim juga melakukan pengecekan Sumber air berupa sumur bor yang berada disekitar lahan tersebut. Hasilnya, sumur-sumur bor dari BRG tersebut masih berfungsi dengan baik,” tandasnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments