Cegah Covid-19, TNI AD Buat Masker Dan Hand Sanitizer Secara Manual

ERWIN | TOLITOLI – Dalam Mengantisipasin kelangkaan masker dan hand sanitizer di kabupaten Tolitoli,  Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Kodim 1305/BT bersama Persit Kartika Candra Kirana (KCK) cabang XIX Kodim 1305/BT Rem 132/Tdl, melakukan gerak cepat dalam Pembuatan Masker dan Hand Sanitizer, Guna mewujudkan terpenuhinya kebutuhan  masyarakat, ubtuk membantu pencegahan serta usaha memutus mata rantai penyebaran covid-19 Senin (06/04).

Kegiatan pembuatan masker dan Hand Sanitizer ini dilakukan secara manual (Menggunakan mesin jahit) oleh prajurit TNi Kodim 1305/BT serta Ibu -Ibu Persit Kartika Candra Kirana (KCK) cabang XIX Kodim 1305/BT Koorcab Rem 132/Tadulako PD XIII/Merdeka.

Pada pembuatan masker dan Hand Sanitizer tersebut mendapat pengawasan secara langsung oleh Dandim Letkol Inf.Gunnarto, SH, selaku Komandan Kodim 1305/BT bersama Ibu Ketua Persit cabang XIX Kodim 1305/BT, Ny.Tanti Haryanti, Gunnarto.

Dandim 1305/BT, Letkol Inf.Gunnarto, SH. mengatakan Kodim 1305/BT akan selalu berusaha dan berupaya dengan tulus ikhlas dalam membantu pencegahan serta pemutusan rantai penyebaran virus covid 19 ini, dengan membuat masker dan Hand Sanitizer walau dengan bahan dan alat yang terbatas.

“Pembuatan masker ini, sebagai upaya terakhir ketika tidak ada peralatan pelindung yang tersedia. Masker buatan sendiri ini paling tidak bisa memberi perlindungan sementara, dibandingkan dengan masker bedah dan respirator N95. Namun, masker buatan sendiri lebih baik daripada tidak menggunakan masker sama sekali,” Ucap Dandim

Lanjut Dandim, Masker buatan sendiri tidak seefektif masker bedah atau masker N95, tetapi masker kain benar-benar sangat membantu saat ini, dengan kekurangan yang terjadi di pasaran, Masker kain buatan dapat membantu dan menjaga area wajah tetap bersih, dan bisa terhindar dari Covid-19.

“Masker dan Hand Sanitizer yang kami buat secara sendiri memang tidak bisa di bandingkan dengan masker N.95, akan tetapi pembuatan masker dan Hand Sanitizer ini paling titidak dapat membantu masyarakat,” Pungkasnya

Pada kesemoatan yang sama Ketua Persit cabang XIX Kodim 1305/BT, Ny.Tanti Haryanti, Gunnarto. juga menuturkan, pembuatan Hand Sanitizer dan masker dari bahan kain tersebut dilakukan secara swadaya oleh Kodim 1305/BT, guna membantu masyarakat dimana saat ini susah untuk mendapatkan masker yang diakibatkan karena kelangkaan diberbagai wilayah, dan masker hasil kerajinan tangan oleh prajurit serta Ibu-Ibu persit Kodim 1305/BT akan dibagikan secara geratis terhadap masyarakat nantinya.KABARTODAY.com

Comments

comments