Cegah Corona, Polsek Kahayan Hilir Laksanakan Giat Gotong Royong

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona, jajaran Polsek Kahayan Hilir, Polres Pulang Pisau (Pulpis) melaksanakan kegiatan Gotong Royong bertempat di Mako Polsek Kahayan Hilir, yang berlokasi di Jalan Tingang Menteng Kelurahan Pulpis, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulpis, Minggu (15/03) pagi.

Hadir dalam giat Gotong royong tersebut Kapolsek Kahayan Hilir, Ipda WIDODO, S.E beserta personel, Camat Kahayan Hilir yang diwakili, Rahman, Danramil Kahayan Hilir diwakili Peltu Sintung beserta anggota, Kepala Puskesmas Pulpis, dr. Endah Hastariningsih beserta staf, Lurah/ Kades Se-Kecamatan Kahayan Hilir beserta staf.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Nomor : STR/121/III/PAM.3./2020 tentang Pencegahan dan Penyebaran Virus Corona secara masif ke Kantor, Pasar, Pemukiman Penduduk, dan tempat Ibadah,” terang Kapolres Pulpis, AKBP Siswo Yuwono BPM melalui Kapolsek Kahayan Hilir Ipda Widodo.

Dikatakannya, pemerintah telah menyatakan hingga 14 Maret 2020 pasien Covid 19 di Indonesia bertambah 34 menjadi total 96 kasus, Delapan di antaranya di nyatakan sembuh dan Empat diantaranya dinyatakan meninggal dunia, di Kalimantan Selatan dinyatakan ada dua yang positif.

“Syukurlah, untuk Kalimantan Tengah masih belum ada informasi yang positif Corona, untuk itu kita menggalakkan kegiatan ini untuk mencegah penyebaran Virus Corona khususnya di kecamatan Kahayan Hilir,” katanya.

Widodo menjelaskan, giat gotong royong ini dimulai dari halaman Mako Polsek Kahayan Hilir disepanjang jalan Tingang Menteng menuju Pasar Patanak, kemudian masuk ke Jalan Oberlin metar menuju Puskesmas Pulpis dan Mako Koramil Pulpis.

“Selanjutnya, dari Mako Koramil dilanjutkan menuju pemukiman warga, dan tempat Ibadah yakni Masjid Nurul Iman dan kembali ke Mako Polsek Kahayan Hilir untuk melaksanakan konsolidasi,” ungkap Widodo.

Lebih lanjut, Widodo mengungkapkan, Gerakan Gotong Royong atau bersih-bersih tersebut digalakkan dari tingkat Kecamatan sampai Kelurahan dan desa-desa sebagai bentuk peduli kemanusian bagi sesama.

Sementara itu, dr. Endah Hastariningsih mengatakan, untuk Pulpis dan Kalteng belum ada yang infeksi Covid-19. Oleh sebab itu, warga dimohon jangan panik dan tetap waspada serta selalu jaga kesehatan.

“Pada umumnya virus ini menyerang lansia yang punya riwayat gula, dan yang punya penyakit paru. Jadi, jangan panik dan jaga diri dengan germas. Karena virus ini bisa dicegah dengan, mengurangi bersentuhan dengan orang lain, mengurangi giat menghimpun masa, memegang benda di sekitar atau jangan sampai menyentuh wajah,”

Juga, lanjut Endah, sering-sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, jaga etika batuk pilek, mengurangi bersentuhan langsung dengan tangan, kemudian menggunakan tisu serta penggunaan masker yang benar.

“Sebagai langkah terakhir dengan germas, makan makanan yang bergizi, minum air putih 8 gelas perhari, berolah raga, tidak merokok dan tetap berdoa,” tandasnya. KABAR TODAY.COM