Cegah Corona, Kades Mintin Minta Warga Untuk Berperilaku Hidup Sehat

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Kepala Desa Mintin, Arbandi Libo meminta kepada seluruh warga untuk selalu berperilaku hidup sehat seperti mencuci tangan, konsumsi makanan sehat, serta olahraga dan istirahat yang cukup.

Hal itu ia sampaikan dalam sambutannya saat menggelar kegiatan Penyuluhan dan Pelatihan bidang Kesehatan di Aula Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Senin (09/03).

“Kami mengimbau masyarakat, khususnya warga Desa Mintin untuk tetap tenang dalam menyikapi kabar maupun berita yang beredar terkait Virus COVID-19, mengingat penyebaran virus tersebut bisa dicegah,” katanya.

Kegiatan tersebut mengambil tema ” Pencegahan Penularan Wabah Virus COVID-19 (Corona) Melalui Pola Hidup Bersih dan Sehat “, turut dihadiri Kepala Puskesmas Kahayan Hilir, dr. Endah Hastariningsih beserta Yuliatin, Camat Kahayan Hilir, Sugondo, Anggota BPD dan warga masyarakat Desa Mintin.

Tujuan kegiatan ini, menurut Kades, agar masyarakat lebih paham dan mengerti tata cara untuk mencegah penularan dari Virus Corona seperti apa yang sudah dijelaskan oleh pihak dari Puskesmas.

“Maka dari itu kami dari pihak desa, menggandeng pihak Puskesmas untuk melaksanakan kegiatan ini. Intinya, tetap waspada dan selalu jaga kesehatan,” pinta Kades.

, ia menegaskan bahwa masyarakat umum yang dalam kondisi sehat tidak perlu mengenakan masker.
Menurutnya, virus corona tidak menular melalui udara secara langsung.

Sementara itu, dr. Endah yang sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan itu mengungkapkan, salah satu cara penularan virus terjadi melalui cairan tubuh yang bisa terpercik pada seseorang atau pada benda-benda di sekitarnya pada jarak 1 sampai 2 meter melalui batuk atau bersin.

“Menurutnya, virus corona tidak menular melalui udara secara langsung,” ujarnya.

Dia juga menegaskan bahwa untuk penggunaan masker, masyarakat umum yang dalam kondisi sehat tidak perlu memakainya, karena penggunaan masker diperlukan justru oleh orang yang sakit untuk mencegah percikan tersebut.

“Jadi secara umum penyakit ini lebih banyak menular melalui model penularan seperti itu. Karena itu, penyakit ini lebih efektif dicegah dengan cuci tangan dengan sabun antiseptik atau cairan pembersih tangan yang berbasis alkohol,” pungkasnya. KABAR TODAY.COM

Comments

comments