Bupati Pulpis: Masyarakat Dilarang Membakar Hutan dan Lahan

SUYANTO | PULANG PISAU | KALTENG – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menggelar Apel Siaga Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) dan Kesiapsiagaan Nasional tahun 2019 dalam rangka menghadapi serta mengantisipasi bencana kebakaran.

Kegiatan dilaksanakan dihalaman Stadion H.M. Sanusi, Kamis, lalu. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Pulpis H. Edy Pratowo S.sos,MM dengan didampingi Ketua DPRD pulpis, H.Maruadi, Kapolres Pulpis, AKBP Siswo Yuwono BPM, Ketua PN pulpis, Agung Nugroho, Kajari pulpis, Kepala BPBD Pulpis, Salahudin, Danramil Kahayan Hilir, Kepala SOPD lingkup pulpis, Manggala Agni serta tamu undangan lainnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh jajaran Pemkab Pulpis bekerjasama dengan TNI, Polri, masyarakat dan dunia usaha, dalam menghadapi bencana karhutla tahun 2019 ini. Maka dari itu diperlukan persiapan untuk mengecek peralatan dan juga personel, ” kata Bupati.

Lebih lanjut, Bupati juga mengajak serta menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan mengingat 60 persen wilayah kabupaten pulpis merupakan lahan gambut yang mempunyai potensi kebakaran secara cepat dan meluas sehingga menimbulkan kabut asap yang berkepanjangan.

“Saat ini kita sudah memasuki musim kemarau terhitung mulai Juni sampai dengan Oktober, oleh sebab itu dengan adanya apel yang dirangkai dengan simulasi ini, kita berharap seluruh petugas dan personel yang ada dilapangan agar selalu siap dalam mengantisipasi terjadinya karhutla sedini mungkin serta terus menerus melakukan sosialisai ke masyarakat dari desa, kecamatan dan kabupaten,” tutupnya. KABAR TODAY.com