Bupati Maria Ditangkap KPK, Petrus Tuange Jadi PLT Bupati Talaud

ELKANA LENGKONG | MANADO – Tak ingin pelayanan kepada masyarakat terganggu, Kementerian Dalam Negeri dengan cepat menetapkan Pelaksana Tugas Bupati Kepulauan Talaud kepada Petrus Simon Tuange.

Petrus Simon Tuange menjabat PLT Bupati Talaud setelah sebelumnya usai ditetapkannya Sri Wahyuni Maria Manalip Bupati Talaud Sulawesi Utara sebagai tersangka dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo langsung membebas tugaskan sementara Bupati Kepulauan Talaud, Sri Wahyumi Maria Manalip (SWM) Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulawesi Utara, DR Jemmy Kumendong kepada wartawan di Manado (02/05) mengatakan jika Bupati Talaud Sri Wahyuni Manalip yang telah berstatus tersangka oleh KPK dibebas tugaskan sementara dari jabatan Bupati.

“Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah mengeluarkan surat keputusan pemberhentian sementara terhadap SMW, mengingat status beliau sudah menjadi tersangka,”ujarnya.

Lebih lanjut Kumendong menyatakan bahwa sebagai pengganti Kamis (02/09/2019) siang akan diserahkan surat keputusan Mendagri kepada Wakil Bupati.

“Siang ini akan diserahkan surat keputusan pelaksana tugas bupati yang akan diberikan kepada Petrus Simon Tuange,” katanya. KABARTODAY.com