Bawaslu Tolitoli Telah Turunkan 197 Alat Peraga Kampanye Melanggar Aturan

Tolitoli KabarToday.com – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Tolitoli telah menurunkan sebanyak 197 alat kampanye (APK) serta bahan kampanye dari sejumlah calon anggota legislatif yang melanggar aturan zona pemasangan.

Menurut salah Satu Komisioner Bawaslu bagian penindakkan Kabupaten Tolitoli Samsuri dikantor Bawaslu, Kamis, ratusan APK maupun bahan kampanye melanggar tersebut berasal dari sejumlah caleg dari sejumlah partai politik peserta pemilu.

“Caleg yang memasang APK maupun bahan kampanye yang melanggar berasal dari beberapa parpol,” ujarnya.

Sementara jumlah pelanggarannya, kata dia, bervariasi karena jenis APK yang dipasang juga berbeda-beda. Untuk pelanggaran APK, meliputi baliho, satu umbul-umbul, dan 23 spanduk.

Bahan kampanye yang diketahui pemasangannya melanggar, yakni bilboard ada satu, poster mencapai 197 buah, stiker dan bendera.

Pelanggaran dalam pemasangan APK maupun bahan kampanye tersebut, sudah disampaikan kepada masing-masing pihak.

“Kami mengutamakan pendekatan secara persuasif agar masing-masing pihak menyadari bahwa APK maupun bahan kampanye harus dipasang sesuai aturan,” ujarnya.

KPU Kabupaten Tolitoli sudah menentukan zona pemasangan APK maupun bahan kampanye. Dalam penentuan zona pemasangan APK serta bahan kampanye oleh KPU juga dihadiri masing-masing pengurus partai politik.

“Artinya, mereka sudah sepantasnya tidak melanggar zona pemasangan APK maupun bahan kampanye karena sudah mengetahui zona yang dilarang dan diperbolehkan,” ujarnya.

Ia berharap masing-masing caleg yang diketahui ada APK maupun bahan kampanye yang melanggar segera mengambil atau memindah APK ke tempat yang diperbolehkan.

Tindakan penertiban, kata dia, merupakan langkah paling akhir karena Bawaslu Tolitoli juga ingin semua caleg menjadi contoh masyarakat dalam menaati aturan, terutama dalam pemasangan APK maupun bahan kampanye.

Apalagi, Bawaslu Tolitoli juga belum didukung anggaran yang maksimal dalam penertiban APK maupun bahan kampanye tersebut.

Untuk zona rapat umum kampanye Pemilu 2019 terdapat beberapa lapangan yang diperbolehkan, sedangkan zona pemasangan alat peraga kampanyenya untuk 10 kecamatan diperbolehkan di sejumlah tempat, kecuali di tempat yang dilarang, seperti tempat ibadah termasuk halaman, rumah sakit atau pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah, dan lembaga pendidikan.

Lokasi yang dilarang, yakni di ruas-ruas dan trotoar jalan, taman, kantor pemerintah desa dan halamannya, menara telekomunikasi, serta di jembatan sungai dan jembatan penyeberangan.

Untuk jarak pemasangan APK dari tempat ibadah, rumah sakit, gedung milik pemerintah, dan lembaga pendidikan paling sedikit berjarak 20 meter. Erwin