Antisipasi Stok Darah Di PMI, TNI AD Gelar Donor Darah

ERWIN | TOLITOLI – Dengan merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia, membuat semua pihak bersatu padu untuk memerangi virus yang telah merenggut ratusan korban jiwa di tanah air ini.

Seperti yang dilakukan jajaran TNI dari Kodim 1305/BT, selain aktif melaksanakan upaya pencegahan penyebaran virus dengan berbagai himbauan, sosialisasi, gerakan hidup bersih, serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan.di penjuru Tolitoli dan Buol, Komando Distrik Militer 1305/BT turut membantu Oalang Merah Indonesia (PMI) dalam mengatasi kekurangan persediaan darah.

Usai melaksanakan kegiatan Donor Darah, Dandim 1305/BT, Letkol Inf. Gunnarto, SH mengatakan kegiatan donor darah dilaksanakan ini, hanya untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI), dalam menjaga ketersediaan stok darah yang semakin menipis Akibat penerapan social distancing ditengah pandemic virus corona ini.   

“Kegiatan Donor darah dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dan diawasi oleh Tim dari PMI,” Ucapnya

Lanjut Dandim, kegiatan donor darah dilakukan dengan Mengatur waktu datang anggota yang akan donor darah secara bergantian, dan menjaga jarak antara pendonor dengan yang lainnya, sehingg Tidak terjadi penumpukkan orang di satu titik.

“Anggota TNI AD dan masyarakat yang ingin mengdonorkan darahnya kami panggil satu persatu namanya, dan tetap selalu menjaga jarak satu dan lainnya, ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukkan oranv di satu titik,” imbuh Gunnarto

Ditambahkannya Lagi, Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 tersebut, selain melaksanakan kegiatan donor darah Kodim 1305/BT, bersama seluruh koramil yang ada di kabupaten Tolitoli dan Buol melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh wilayah Kabupaten Buol dan Tolitoli.

” Saya selaku Kepala Kodim, ingin mengajak peran serta seluruh elemen masyarakat untuk aktif berupaya mencegah penyebaran covid-19 ini, seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat,” Tuturnya

Kepala Sekretaris PMI Kabupaten Tolitoli merasa sangat terbantu dengan kegiatan donor darah yang dilakukan Oleh Kodim 1305/BT yang selalu setia mengadakan donor darah, dan tak perna takut walaupun seperti dimusim wabah saat ini.

“Saya Mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI Kodim 1305/BT, yang telah membantu PMI dalam menjaga ketersesiaan stok darah, khususnya di wilayah Kabupaten Tolitoli, dan saya selaku kepala PMI Tolitoli juga mengajak masyarakat Kab.Tolitoli senantiasa mau donor darah untuk kemanusiaan, walaupun dimusim wabah seperti ini,” Pungkanya KABARTODAY.com

Comments

comments