Akibat Hujan Deras dan Air Laut Pasang Beberapa Titik Dalam Kota Di kepung Air

KABARTODAY.com | TOLITOLI – Selasa 15 September 2020 Sore dua aliran aliran sungai kecamatan Baolan meluap, yakni Sungai di kelurahan tuweley dan sungai Kelurahan Tambun, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, sehingga mengakibatkan beberapa titik didalam kota Tolitoli maupun Desa Pangi terjadi luapan air sungai hingga memasuki rumah warga.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Polsek Baolan, dimana luapan air sungai juga terjadi dikelurahan tambun sehingga mengakibatkan banjir diwilayah jalan Tadulako (Depan Lapas Kelas II Tambun), serta wilayah sepanjang bantaran sungai dari dapalak hingga ke Dusun Salu.

Selain bantaran sungai, terdapat pemukiman dan jalan lain yang terdampak banjir yakni :
1. Kampung Kuda tergenang air setinggi lutut orang dewasa.

2. Jl. Vetran dan Bundaran Tugu Cengkeh, Jl. Magamu, Jalur Dua Jl. Usman Binol, Jl. Moh. Hatta, Jl. W. R. Supratman (Depan Polsek Baolan) jalan tergenang air ± 30 cm namun masih bisa dilalui kendaraan.

3. Jl. Trans Sulawesi Desa Pangi (Pendakian Pangi) air bercampur material lumpur dan batu mengalir deras dijalan yang mengakibatkan sulitnya jalan untuk dilalui serta adanya pohon dan tiang listrik milik PLN yang rubuh ke jalan sehingga mengakibatkan jalan tidak dapat dilalui.

“Akibat banjir yang terjadi, kerugian material belum dapat ditaksirkan,” Ucap Kapolsek.



Lanjut Iptu H. Siswanto, SH mengatakan banjir yang terjadi di beberapa titik didalan kota dan sekitarnya diakibatkan curah hujan yang tinggi dan bertepatan dengan posisi air laut pasang sedang naik.

“Perlu diketahui, puncak pasang air laut terjadi pada pukul 18.00 wita sehingga air hujan yang turun tertahan oleh air laut dan terjadi banjir di seputaran kota Tolitoli,” imbuh Siswanto

Kapolsek Baolan Iptu H. Siswanto, SH menuturkan setelah mendapatkan informasi adanya pohon tumbang di desa panggi, anggota Polsek Baolan serta petugas PLN dan dibantu masyarakat Desa Pangi langsung menuju kelokasi pohon tumbang.

“Anggota polsek Baolan, Serta anggota PLN di bantu masyarakat langsung membersihkan Pohon yang tumbang menimpah tiang listrik sehingga menutupi Jalan, situasai saat ini sudah dapat dilalui kendaraan dengan hati-hati karena sebagian jalan masih terendam air dan sisa material banjir.”Pungkasnya


“Tulus_Nelayani_Cepat_Merespon”

“Tiada_Hari_Tanpa_Berbuat_Kebaikan”

Comments

comments