3850 TNI – POLRI Amankan Giat Jokowi Di Palu

JeMmy Tehardjo | Kota Palu – Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dan TNI siagakan sebanyak 3850 personil dalam kegiatan pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo Di Kota Palu pada 15 – 16 Mei 2017 di Kota Palu.

” Dari 3850 personil aparat gabungan TNI – Polri dalam rangka kunjungan Presiden Joko Widodo di Kota Palu, Polda Sulteng menurunkan 800 anggota, yang terdiri dari Kesatuan Brigadir Mobile (Brimob) berjumlah 2 Kompi, termasuk BKO Brimob Sulsel dan Brimob Sulut. Selain itu, turut serta diturunkan Kesatuan Shabara dan unit-unit K9, Densus Anti Teror, Gegana dan Intel,” demikian diterangkan Kapolda Sulteng Brigjen. Pol. Drs. Rudy Sufariadi yang diwakili oleh Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto secara khusus kepada Kabartoday.com

Dini hari ini, Presiden Joko Widodo dijadwalkan tiba di Bandara Mutiara Sis Al’Jufri Palu.

” Pukul 02:00 WITA (16/5) diagendakan pesawat kepresidenan akan mendarat di Kota Palu,” ujar Hari Suprapto.

Sedangkan pengamanan presiden selama berkunjung di Kota Palu dipimpin oleh Kodam, Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah berlaku sebagai pendukung pengamanan.

“Selama bapak Presiden berkegiatan di Kota Palu, semua unsur pengamanan dibawah komando Kodam, sedang kami (Polda Sulteng) mendukung penuh pengamanan sampai Presiden kembali bertolak ke Jakarta,” tambah Kabid Humas Polda AKBP Hari Suprapto.

Kata Hari lagi, pengamanan kunjungan Presiden di Palu, tidak berhenti ketika Presiden balik kanan.

” Pengamanan terus dilaksanakan selama 5 hari penyelengaraan Kongres PMII berlangsung,” imbuhnya

Kabid Humas Hari Suprapto menerangkan bahwa jadwal kunjungan Presiden sementara yang diterima yakni membuka Kongres ke-19 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang akan berlangsung di Masjid Agung Darussalam, Kota Palu, Sulawesi Tengah pada 16 Mei 2017.

Presiden yang akan disertai beberapa menteri kabinet akan tiba di Kota Palu pada Selasa (16/5) dini hari, usai menghadiri KTT Jalur Sutra di Beijing. Lalu Selasa (16/5) pukul 13.00 WITA akan membuka Kongres PMII tersebut.

Sementara itu, untuk pengamanan disiagakan pada tiga titik utama yakni Bandara Mutiara Sis Aljufri sebagai tempat kedatangan Presiden, hotel tempat direncanakan Presiden untuk menginap dan Masjid Agung Darussalam Palu sebagai tempat Kongres Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Sedangkan Gubernur Sulteng, Drs H Longki Djanggola Msi sebelumnya ditempat terpisah mengatakan di sela-sela menunggu pembukaan Kongres PMII, pihaknya telah menyiapkan sejumlah acara antara lain meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu dan Pelabuhan Pantoloan Palu serta Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu.

Agenda utama Kongres PMII ini adalah memilih pengurus baru serta `Deklarasi Palu untuk Indonesia Damai.`

Di arena Kongres XIX PMII di kompleks Masjid Agung Darussalam Palu sudah dikelilingi ratusan bendera PMII yang didominasi warna kuning. Selain itu sejumlah baliho ucapan selamat dan sukses Kongres PMII juga sudah tersebar di sekitar arena kegiatan.

Ketua Panitia Kongres Lokal Fauzi Habibu mengatakan sampai saat ini sudah 90 persen dari 238 cabang dan 25 Pengurus Koordinator Cabang memastikan menghadiri kongres.

Diperkirakan Kongres tersebut akan dihadiri sekitar 2.500 peserta dari seluruh Indonesia. ***

F/Basri Marzuki/ANTARA FOTO

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *