Pemda Raja Ampat Gelar Sosialisasi Pokja Pug

ZAINAL | RAJA AMPAT – Pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluaraga Berencana (KB) menggelar Sosialisasi pembentukan kelompok kerja pengarusutamaan gender (Pokja Pug),di Gedung Wanita Syalome Syeben,Jalan Ahmad Yani,Kelurahan Waisai Kota, Distrik (Kecamatan) Kota Waisai, Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (17/10) pukul 14:35 waktu setempat.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten III (tiga) Bidang Administrasi Umum pada Sekertariat daerah (Setda) Kabupaten Raja Ampat, Yulianus Mambraku, SH. M.Si,Kepala dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Raja Ampat, Siti Syam Abdul Karim S.Sos,Kadis Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Raja Ampat, Ria Sitti Nuruliah Umlati S.Sos,Kadis Perindag Raja Ampat, H. Djalali S.Sos MH, dan sejumlah pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat,serta tamu undangan lainnya.

Sebagai narasumber dalam sosialisasi kali ini,yaitu driver PUG dari Provinsi Papua Barat, Jack Lawandi.

Asisten tiga, Yulianus Mambaraku saat menyampaikan sambutan Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati mengatakan, Pengarusutamaan gender merupakan salah satu strategi pembangunan nasional yang dituangkan dalam Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000,yang mana Instruksi tersebut menekankan tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender.

Dijelaskan, dalam Permendagri nomor 15 tahun 2018 tentang sistem yang mengatur kelembagaan PUG di kabupaten dan kota.

“Karena Itu, PUG merupakan salah satu arus utama yang harus dilaksanakan dalam pembangunan disamping pengarusutamaan pembangunan yang berkelanjutan dan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,”ujar Yulianus Mambraku.

Ia berharap,kepada pimpinan OPD dan pejabat yang tergabung dalam Pokja PUG Raja Ampat untuk duduk bersama menyusun program kegiatan pembangunan yang responsif gender, lebih fokus dan terarah sesuai strategi dan prioritas nasional dan daerah.

“Semoga sosialisasi ini dapat mendorong upaya dan realisasi pembentukan Pokja PUG di Kabupaten Raja Ampat, sehingga bisa melaksanakan program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan harapan kita bersama,”tutur Asisten tiga.

Usai sambutan,kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber, Jack Lawandi Driver PUG Provinsi Papua Barat. *KabarToday.com

Comments

comments